Penyebab Internet Lemot dan 8 Cara Mengatasinya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 17 Juli 2022
0 dilihat
Penyebab Internet Lemot dan 8 Cara Mengatasinya
Sinyal jadi salah satu faktor yang sangat menentukan lancar tidaknya koneksi internet. Namun, ada kalanya koneksi internet tetap terhambat alias lemot, meski sinyal atau jaringan hp telah full dan stabil. Foto: Repro 99.co

" Internet merupakan salah satu kebutuhan penting untuk masyarakat di era modern "

KENDARI, TELISIK.ID - Internet merupakan salah satu kebutuhan penting untuk masyarakat di era modern. Namun, pengguna smartphone kerap kali mengalami kendala internet yang lemot, padahal sinyal atau jaringan hp telah full dan stabil.

Mengutip dari Liputan6.com, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan jaringan internet menjadi lambat atau lemot.

1. Masalah pada sistem operasi

Masalah pada sistem operasi di perangkat bisa menjadi penyebab kenapa saat kita berinternet terasa lambat, sehingga membuat kurang nyaman.

2. Internet lemot karena paket data menipis

Internet yang melambat juga bisa terjadi akibat paket data yang digunakan mulai menipis. Beberapa operator memang memberlakukan pengurangan kecepatan, dengan tujuan agar paket data yang dimiliki tidak cepat habis.

3. Terlalu banyak membuka aplikasi

Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa menutup aplikasi yang digunakan dapat menjadi salah satu penyebab internet lemot yang selanjutnya.

Aplikasi yang tidak ditutup akan terus menggunakan jaringan internet yang dimiliki, sehingga kapasitas jaringan terbagi ke dalam beberapa aplikasi.

4. Mengakses jaringan bersamaan

Internet lambat juga bisa terjadi karenanya banyak pengguna, dan menyebabkan kepadatan akses. Ini karena banyak pengguna yang mengakses internet di waktu yang hampir bersamaan, menyebabkan jaringan terasa lemot.

Baca Juga: Cara Download Game Online Bakso Simulator Akhir Pekan Studio

Untuk mengatasi beberapa masalah di atas, berikut beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Aktifkan mode pesawat beberapa waktu

Salah satu cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot adalah dengan mengaktifkan mode pesawat beberapa waktu. Tak perlu waktu lama, kalian hanya perlu mengaktifkan mode pesawat selama 30 detik, lalu menonaktifkannya kembali. Cara ini memang terbukti dapat memperbaiki koneksi hp kalian.

2. Coba lakukan restart

Jika cara mengatasi sinyal full tapi internet lemot di atas masih belum berhasil, kalian bisa coba cara yang berikutnya. Kalian bisa coba melakukan restart pada hp kalian. Sama seperti mengaktifkan mode pesawat, restart hp juga bisa memperbaiki jaringan atau sinyal di hp.

Melakukan restart akan membantu memperbaiki kinerja hp kalian. Pasalnya, dengan restart, hp akan membersihkan semua bug yang mungkin terakumulasi dari waktu ke waktu. Secara alami, hal ini juga akan memiliki efek positif pada kekuatan sinyal internet di hp kalian.

3. Perhatikan lokasi kamu

Pastikan lokasi kamu sudah aman untuk menangkap sinyal dan tidak terhalang oleh bangunan bertembok tebal atau berada di dalam basemen. Jika di sekitar Anda ada bangunan baru yang menghalangi smartphone saat menangkap sinyal, Anda bisa coba untuk berpindah ke lokasi lain.

4. Tutup aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan

Anda juga perlu pastikan tidak ada aplikasi yang lupa ditutup dan masih berjalan di background. Pastikan semua aplikasi yang sudah tidak terpakai sudah ditutup dengan sempurna.

5. Cek aplikasi dan situs web yang Anda gunakan

Jika kendala koneksi internet hanya terjadi saat kamu mengakses salah satu aplikasi atau situs web, coba buka aplikasi atau situs web lain sebagai pembanding.

6. Update perangkat gadget secara berkala

Solusi kedua adalah dengan memperbarui atau meng-update perangkat yang dipakai secara rutin dan meng-update software. Hal ini karena terkadang, aplikasi masih menyedot data walaupun tidak digunakan, sehingga memberatkan kinerja perangkat.

Baca Juga: Catat, Ini 9 Aplikasi Transfer Uang Antar Bank Gratis

Aplikasi-aplikasi yang belum di-update juga bisa membuat ponsel bekerja lebih keras, sehingga berpengaruh pada koneksi internet. 

7. Periksa kondisi SIM card

Jika usia SIM card sudah lebih dari tiga tahun atau bagian chip-nya sudah memiliki banyak goresan, ada baiknya untuk mengganti kartu tersebut dengan yang baru. SIM card baru akan membuat kualitas penangkap sinyal di smartphone Anda berfungsi optimal seperti semula.

8. Pastikan kuota data masih tersedia

Nah, yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Anda harus cek dulu apakah kuota data di smartphone masih tersedia atau tidak sebelum mengambil langkah lebih jauh lagi. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Baca Juga