Penyebab KA Brantas Tabrak Truk Tronton di Semarang, Meledak Seperti Bom, Palang Pintu Kereta Tak Tertutup

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 19 Juli 2023
0 dilihat
Penyebab KA Brantas Tabrak Truk Tronton di Semarang, Meledak Seperti Bom, Palang Pintu Kereta Tak Tertutup
Ledakan seperti bom sempat terjadi saat lokomotif KA jurusan Pasar Senen-Blitar menabrak kepala truk. Bagian kepala dan ekor truk terjepit di mulut Jembatan Kanal Banjir Barat Semarang. Foto: Screenshot video

" Kereta Api Brantas 131 jurusan Pasar Senen-Blitar terlibat kecelakaan dengan sebuah truk tronton di perlintasan Jalan Madukoro Raya, Semarang, Selasa (18/7/2023) malam "

SEMARANG, TELISIK.ID - Kereta Api (KA) Brantas 131 jurusan Pasar Senen-Blitar terlibat kecelakaan dengan sebuah truk tronton di perlintasan Jalan Madukoro Raya, Semarang, Selasa (18/7/2023) malam.

Ledakan seperti bom sempat terjadi saat lokomotif kereta menabrak kepala truk. Bagian kepala dan ekor truk terjepit di mulut Jembatan Kanal Banjir Barat Semarang itu.

Diketahui, tabrakan tersebut disebabkan truk yang melintas dari arah utara menuju selatan mogok di tengah perlintasan rel kereta, tabrakan pun terjadi.

"Truk tidak menerobos tapi mogok, palang pintu belum tertutup," ujar Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan dilansir dari Viva.co.id.

Baca Juga: KA Bratas Tabrak Truk Tronton di Semarang, Wanita Loncat dari Gerbong Kereta

Sementara itu para penumpang KA Brantas Jakarta-Blitar yang mengalami kecelakaan di Jalan Madukoro Semarang terkejut ketika ada hentakan. Suasana pun makin mencekam usai muncul percikan api dari luar.

Salah satu penumpang Suharyono menceritakan momen kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 19.50 WIB itu. Ia yang berada di gerbong ekonomi terhentak saat ada pengereman mendadak meski tidak sampai terjungkal atau kepala terantuk.

Baca Juga: Bukan Cuma India, Kecelakaan Kereta Api Terburuk di Sri Lanka Ini Penyebabnya Ada di Indonesia

"Kaget ngeremnya nggak seperti biasanya. Saya tidak kejedut. Penumpang lain ada yang kejedut," kata Suharyono.

Ia dan penumpang lainnya mulai panik ketika melihat percikan api dari luar jendela. Saat dia turun dari gerbong, api masih berkobar dari arah lokomotif dan kepala truk yang tersangkut di jembatan rel sisi selatan.

"Ya panik semuanya. Ada apa kok berhenti. Ternyata ada percikan api besar," ujarnya dilansir dari detik.com. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga