adplus-dvertising

Penyelenggaraan MTQ Mubar Jadi Program Awal Setelah Pelantikan Ketua KUA Sawerigadi

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 09 Februari 2022
711 dilihat
Penyelenggaraan MTQ Mubar Jadi Program Awal Setelah Pelantikan Ketua KUA Sawerigadi
Setelah dilantik Kepala KUA Sawerigadi Siap Laksanakan Program Kerja, Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pesertanya diseleksi dari masyarakat Sawerigadi pada tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan untuk kepala Kantor Urusan Agama (KUA) telah dilakukan, dalam pelantikan tersebut ada beberapa kepala KUA perkecamatan yang dilantik, salah satunya dari KUA Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat (Mubar).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala KUA dilakukan di kantor Kementerian Agama, Desa Lapolea, Kecamatan Barangka, Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (9/2/2022).

Pada kesempatan itu, mantan Kepala KUA Kecamatan Kusambi, La Rekesi dilantik sebagai Kepala KUA Kecamatan Sawerigadi. Selain sebagai kepala KUA baru, ia juga diberi amanah untuk penyelenggaraan kepala penghulu guna melaksanakan tugas selama dua tahun masa jabatan.


"Sebenarnya ini rotasi pemekaran bagi kepala KUA dan penghulu untuk melanjutkan visi-misi dari kepala kantor kementerian agama," tutur La Rekesi.

Setelah dilantik, ia siap menjalankan tugas pertamanya yaitu pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), kegiatan ini menjadi program nasional untuk Kabupaten Muna Barat.

"Ini dulu yang akan saya gebrak agar Kecamatan Sawerigadi tetap bertahan menjadi juara satu dalam kegiatan MTQ, dan saya akan mengkoordinasikannya bersama camat setempat," katanya.

Baca Juga: Puncak HPN 2022, Jokowi: Pers Indonesia Adalah Lokomotif Kemajuan Bangsa

Kegiatan MTQ menjadi kegiatan awal setelah terlantiknya Kepala KUA Kecamatan Sawerigadi, karena akan mulai dilaksanakan pada akhir Februari setingkat Kabupaten Muna Barat. Kegiatan yang diperlombakan yaitu tilawah, terjemahan tilawah (Tartil) hafiz (hafalan al-quran), mujawat, dan muratal.

Untuk persiapan kegiatan ini, pesertanya diseleksi dari masyarakat Sawerigadi pada tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa. Di mana pesertanya memang selama ini telah terbiasa ikut andil dalam kegiatan MTQ.

Baca Juga: Kendari Tunggu Hasil Pemeriksaan Swab Pasien Probable Omicron di Laboratorium Jakarta

Sementara persiapan kegiatan ini masih berjalan, di mana pesertanya dilatih khusus oleh penyuluh PNS Kecamatan Sawerigadi merupakan guru mengaji di kecamatan tersebut.

"Sebagaimana hasil rapat pada tanggal 31 Januari 2022. Untuk Peserta yang ikut kegiatan MTQ biasanya dipilih dari masyarakat Sawerigadi yang memang telah terbiasa ikut dalam kegiatan ini," ungkapnya.

Setelah menyelenggarakan kegiatan MTQ, ia mengungkapkan, kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya tetap berjalan seperti biasanya, yaitu melayani masyarakat dengan berbagai macam kebutuhannya. Kegiatan itu meliputi pembinaan keluarga sakinah, mejelis ta'lim, zakat waqaf, dan kemudian pengadministrasian bagi orang yang akan naik haji. Selain kegiatan itu, pelayanan nikah  tetap menjadi tugas utama bagi kepala KUA. (C)

Reporter: Putri Wulandari

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga