Penyusunan ITMP, Wakatobi Diproyeksikan Jadi Wisata Berkelas Dunia

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Sabtu, 23 Juli 2022
0 dilihat
Penyusunan ITMP, Wakatobi Diproyeksikan Jadi Wisata Berkelas Dunia
Peninjauan lapangan menjangkau semua pulau di Wakatobi yang langsung dipimpin Bupati Wakatobi Foto: ist

" Pemerintah Kabupaten Wakatobi menargetkan pembangunan pariwisata Wakatobi yang terintegrasi dan berkelanjutan agar menjadi destinasi wisata berkelas dunia "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Wakatobi menargetkan pembangunan pariwisata Wakatobi yang terintegrasi dan berkelanjutan agar menjadi destinasi wisata berkelas dunia.

Hal ini sejalan dengan Penyusunan Integrated Tourism Master Plan (ITMP) mengacu pada Rencana Induk Pariwisata Nasional serta merujuk Peraturan Daerah (Perda).

“Ini lagi diprogres, alhamdullilah pada tanggal 20 Juli kemarin dilaksanakan Workshop Proyeksi Pertumbuhan Pariwisata Wakatobi sebagai bagian dari penyusunan dokumen ITMP (integrated tourism masterplan) Wakatobi 2020-2045,” ungkap Bupati Wakatobi, Haliana, Sabtu (23/7/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Haliana sebagai pengembangan pariwisata terintegrasi dan jangka panjang bagi pembangunan KSPN Wakatobi menjadi destinasi wisata berkelas dunia.

“Sekarang lagi diproses ITMP untuk disidangkan kemudian tinggal menunggu penetapan dari Presiden. Program ini memang diprioritaskan, mudah-mudahan tidak ada kendala terkait dengan ITMP dan penetapan kita sebagai Daerah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau daerah Badan Otorita Pariwisata (BOP).

Senada, Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar menerangkan bahwa sebagai wujud keseriusan dan total commitment untuk akselarasi pembangunan kepariwisataan dan pembangunan infrastruktur daerah maka pasca workshop dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.

Baca Juga: Dua Tahun Berturut-turut Makan Korban, Dispora Konawe Larang Pengunjung Batu Gong Lakukan Hal Ini

“Kegiatan peninjauan lapangan menjangkau semua pulau di Wakatobi yang langsung  dipimpin oleh Bupati Wakatobi Bapak Haliana dengan Kepala Pusat Wilayah III BPIW,  Kementerian PUPR Bapak Dr. Rudy Siahaan serta Direktur Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bappenas Bapak Dr. Leonardo Teguh Sambodo serta Project Leader ITMP Mr. Thomas Bauer,” tuturnya.

Baca Juga: Ombudsman NTT dan Rudenim Kupang Kompak Lindungi Imigran

“Peninjauan Lapangan diprioritaskan kepada lokasi pembangunan KSPN yang akan dibangun tahun ini dan prioritas sampai dengan 2024 dan juga rencana pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan, air bersih dan sanitasi,” sambungnya. (B)

Penulis: Boy Candra Ferniawan

Editor: Musdar

Baca Juga