Perahu Pemudik Tabrakan, 4 Penumpang Korban dan Dua Motor Tenggelam

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 01 Mei 2022
0 dilihat
Perahu Pemudik Tabrakan, 4 Penumpang Korban dan Dua Motor Tenggelam
Nampak para pemudik mengantri di pelabuhan rakyat Kecamatan Lainea Konsel, mereka akan menuju di pelabuhan Tampo, Muna. Foto: Ist

" Jumlah pemudik tujuan Kabupaten Muna tahun ini membludak. Kapal feri Torobulu-Tampo, kapal malam Kendari-Raha dan kapal cepat disesaki pemudik "

MUNA, TELISIK.ID - Jumlah pemudik tujuan Kabupaten Muna tahun ini membludak. Kapal feri Torobulu-Tampo, kapal malam Kendari-Raha dan kapal cepat disesaki pemudik.

Di lain sisi, nelayan-nelayan di Kecamatan Lainea, Konawe Selatan (Konsel) juga mendapat rezeki. Perahu-perahu mereka digunakan pemudik yang sudah kelamaan mengantri di pelabuhan Torobulu.

Namun naasnya, perahu yang ditumpangi pemudik asal Muna dan Muna Barat (Mubar), Minggu (1/5/2022) sekira pukul 00.30 Wita, mengalami tabrakan di perairan pulau Renda, Muna.

Empat penumpang menjadi korban dan dua unit sepeda motor tenggelam dalam kecelakaan laut itu.

"Empat korban selamat, hanya mengalami luka ringan, sedangkan dua unit motor tenggelam," kata Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin melalui Kapolsek Towea, Ipda La Ode Ali Musmin, Minggu (1/5/2022)

Keempat korban itu adalah Hesti Hartati (25), warga Desa Lagadi, Mubar,  La Hani (29), asal Desa Sawerigadi, Mubar, Resmiana Feti Fera (19), asal Desa Lagadi, Mubar dan Alikara (25), asal Desa Bungi, Muna.

Baca Juga: Pembangunan Bandara Kolut Diakomodir dalam Perencanaan Kemenhub Tahun 2023

Kronologi, kecelakaan itu bermula ketika, perahu yang dikemudikan, La Rioma (60), warga Desa Moasi, Kecamatan Towea, Muna bergerak menuju Lainea untuk menjemput penumpang.

Saat di belakang Pulau Renda, La Rioma melihat di depannya ada perahu dari arah Lainea menuju pelabuhan feri Tampo dengan membawa empat penumpang dan dua sepeda motor.

Karena, panik ditambah kondisi gelap, La Rioma tidak dapat menghindari perahu yang dikemudikan Jamil (45) bersama nahkodannya, Ilham Jaya (18). Tabrakan pun terjadi. Perahu milik Jamil terbalik. Empat penumpang tercebur ke laut dan dua unit sepeda motor tenggelam.

Baca Juga: Puncak HUT Konsel Digelar 12 Mei, Dijamin Lebih Meriah

"Empat penumpang yang jatuh ke laut diselamatkan oleh La Rioma bersama nelayan sekitar dan langsung dilarikan ke Puskesmas Tampo," ungkapnya.

Kini, La Rioma telah diamankan di Polsek Towea, beserta barang bukti (BB) dua buah perahu.

"Kasusnya diproses. Kini, masih dilakukan pencarian BB dua unit sepeda motor yang tenggelam," tukasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga