Peran Kasek Majukan Sekolah, Begini Kata Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Kamis, 30 November 2023
0 dilihat
Peran Kasek Majukan Sekolah, Begini Kata Kadis Dikbud Sulawesi Tenggara
Kepala sekolah berperan penting dalam memajukan sekolah. Foto: Ist.

" Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah, menjadi kunci penting dalam memajukan sekolah di era Merdeka Belajar "

KENDARI, TELISIK.ID - Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah, menjadi kunci penting dalam memajukan sekolah di era Merdeka Belajar. Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah harus memastikan semua guru mendapat dan menerapkan hasil pelatihan.

Kepala sekolah pada hakikatnya berperan sebagai pimpinan yang menggerakkan, memengaruhi, memberi motivasi, serta mengarahkan orang di dalam organisasi atau lembaga pendidikan untuk mencapai visi, misi dan tujuan yang telah ditentukan.

Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah yang baik, akan berdampak pada iklim kelas dan kinerja guru yang baik juga dalam pelaksanaan pembelajaran.

Baca Juga: SMAN 2 Kendari Maksimalkan Kurikulum Merdeka Belajar

Peran kepala sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga pendidikan, dan pendayagunaan, serta pemeliharaan sarana prasarana.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Yusmin menjelaskan peran kepala sekolah untuk memajukan pendidikan. Foto: Ist.

Kepala sekolah memiliki fungsi strategis dalam pengelolaan pendidikan. Sebagai pemimpin pembelajaran di tingkat sekolah, mempunyai tugas pokok mengelola penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pembelajaran di sekolah.

Dilansir dari SGJ10.com Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Yusmin, mengatakan bahwa tulang punggung pendidikan di Sulawesi Tenggara itu berada di sekolah-sekolah. Ia berharap kepada kepala sekolah, KCD, dan pengawas untuk melaksanakan tugasnya dengan baik.

Baca Juga: Puluhan Ribu Siswa SMA Sederajat Sulawesi Tenggara Salat Gaib dan Doa Bersama untuk Palestina

“Tulang punggung pendidikan di Sulawesi Tenggara berada di kepala sekolah, KCD, dan pengawas. Kita di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sifatnya hanya manajerial,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Yusmin.

Yusmin juga menuturkan bahwa Tim asesmen dibentuk secara independen. Kepala sekolah tak perlu takut diganti selama menjalankan tugas dengan baik, karena mereka adalah tulang punggung dalam melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah, dan tim asesmen yang dibentuk ini independen.

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Kendari Liyu, mengungkapkan bahwa peran kepala sekolah sebagai pelaksanaan kurikulum merdeka dengan ciri khas proyek penguatan profil Pancasila. (A-Adv)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga