Peran Media dalam Mengawal Pemilu 2024

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 30 Maret 2023
0 dilihat
Peran Media dalam Mengawal Pemilu 2024
Rapat Koordinasi Bawaslu Kolaka Timur bersama insan pers dan Komisioner KPU Kolaka Timur dalam peran media menghadapi Pemilu 2024. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Dalam rangka mewujudkan pemilu dan pemilihan yang bersih dan berintegritas, Bawaslu Kolaka Timur dalam kinerja pengawasannya melakukan banyak hal, salah satunya dengan merangkul berbagai elemen yang ada dalam masyarakat untuk dapat berbagi peran dalam pengawasan partisipatif "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Dalam rangka mewujudkan pemilu dan pemilihan yang bersih dan berintegritas, Bawaslu Kolaka Timur dalam kinerja pengawasannya melakukan banyak hal, salah satunya dengan merangkul berbagai elemen yang ada dalam masyarakat untuk dapat berbagi peran dalam pengawasan partisipatif.

Selain itu Bawaslu Kolaka Timur juga terus tingkatkan sinergitas bersama media dengan melakukan rapat koordinasi terkait peran media dalam menghadapi Pemilu 2024.

Sinergitas sebagai pengawas pemilu harus terus dibangun dan dikuatkan dengan dimulainya tahapan pemilu yang sementara berlangsung.

Baca Juga: Posepa: Permainan Tradisi Masyarakat Liya Wakatobi Setiap Lebaran

Koordinator Pencegahan Hukum Bawaslu Kolaka Timur, Abang Saputra Laliasa menuturkan, pihaknya melakukan monitoring dan melakukan survei terkait tahapan pemilu yang sedang berlangsung di 12 kecamatan.

"Ada yang menjawab tidak tau dan ada yang menjawab tau dari media online, di sini dapat kita lihat peran media dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat," ujarnya, Kamis (30/3/2023).

Ia mejelaskan, Bawaslu juga bertugas untuk melakukan pengawasan bagi pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu, serta melakukan pencegahan, penyelidikan, dan penyelesaian sengketa.

"Itu semua masuk ranah kami Bawaslu dalam melakukan penyelesaian masalah tersebut," tambahnya.

Ia juga mengatakan, saat ini sedang berlangsung tahapan pemuktahiran daftar pemilih yang akan dilakukan di tingkat desa, Dalam hal pemuktahiran data harus dapat kawal dengan baik.

"Agar regulasi dan aturan yang ada tidak dilanggar," ucapnya.

Terkait ASN, ia mengatakan telah mengirimkan surat himbauan kepada kepala daerah untuk selalu menjaga netralitas sebagai ASN.

Ketua Bawaslu Kolaka Timur, Rusniyati Nur Rakibe menuturkan, proses demokrasi di 2024 berada pada tahun yang sama tentu dengan kondisi seperti ini banyak tantangan yang muncul.

"Tantangan ini bukan untuk penyelenggara pemilu saja, tapi ini semua untuk masyarakat Indonesia," tuturnya.

Ia menjelaskan, salah satu tantangan dalam pemilu yang rawan muncul itu seperti politik identitas dan isu hoaks.

Ia menambahkan, peran media sangat penting bersama-sama Bawaslu dan KPU untuk dapat menangkal isu-isu politik identitas dan hoaks.

"Karena media memiliki power untuk dapat menangkal hal tersebut," tambahnya.

Ia juga mengajak para insan pers Kabupaten Kolaka Timur untuk dapat bersama-sama mengawasi tahapan pemilu yang sementara berlangsung.

Baca Juga: Kuota Calon Jamaah Haji Kolaka Utara Tahun Ini Capai 120 Orang

Sementara itu Komisioner KPU Kolaka Timur, Murhum Haliq mengatakan, pihaknya selalu siap dalam transparansi tahapan pemilu yang ada di Kolaka Timur.

"Kami di KPU akan siap jika teman-teman media ingin mencari data atau keterangan terkait tahapan pemilu yang sementara berlangsung," ujarnya.

Ia juga menjelaskan agar insan pers Kabupaten Kolaka Timur dapat lebih aktif dalam memberitakan hal-hal terkait tahapan pemilu yang sedang berlangsung agar seluruh elemen masyarakat Kolaka Timur mendapatkan informasi. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga