Peran Pemuda Indonesia di Kancah Global Melalui Forum Y20

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Peran Pemuda Indonesia di Kancah Global Melalui Forum Y20
Peran pemuda dalam kancah global dapat dimaksimalkan melalui forum Y20 yang disampaikan oleh Michael Victor Sianipar. Foto: Ist.

" G20 yang merupakan sebuah rangkaian kegiatan internasional yang mempertemukan berbagai pemimpin dunia telah selesai dilaksanakan pada 2022 lalu berkat dukungan dari berbagai elemen, salah satunya adalah pemuda "

KENDARI, TELISIK.ID - G20 yang merupakan sebuah rangkaian kegiatan internasional yang mempertemukan berbagai pemimpin dunia telah selesai dilaksanakan pada 2022 lalu berkat dukungan dari berbagai elemen, salah satunya adalah pemuda.

G20 adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut terdapat salah satu kegiatan yang berfokus pada para pemuda yang disebut Youth 20 (Y20), merupakan wadah konsultasi resmi bagi para pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat saling berdialog.

Baca Juga: Perkembangan Zaman Bukan Ancaman Namun Tantangan untuk Pemuda

Sebagai tuan rumah, Indonesia memiliki peran besar dalam terselenggaranya kegiatan tersebut khususnya para pemudanya sebagaimana yang disampaikan Ketua Indonesian Youth Diplomacy, Michael Victor Sianipar yang juga menjadi panitia di kegiatan Y20 lalu.

Pemuda berperan besar pada kegiatan Y20 yang telah terlaksana, khususnya pemuda Indonesia karena melalui kegiatan tersebut, Indonesia berhasil menghasilkan 4 fokus permasalahan global yang harus diselesaikan bersama.

"Yang harus menyelesaikan masalah bangsa kita ya kita sendiri, jangan biarkan bangsa lain mengganggu bangsa kita karena kita yang mengenal bangsa kita sendiri," ungkapnya Michael Victor Sianipar, Sabtu (28/1/2023).

Baca Juga: Warga Nambo Minta Jangan Tutup Mata Pencaharian Dari Tambang Pasir

Ketua Regional Indonesia Next Leader Sulawesi Tenggara, Irfan Hakim mengatakan, peran generasi terhadap G20 dapat dilakukan dengan ikut serta dalam forum Y20, di mana anak muda dapat bersikap sesuai kepentingannya sehingga hal yang disampaikan kepada pemimpin negara-negara G20 dapat dijadikan landasan kebijakan bagaimana memihak untuk generasi anak muda.

Peran pemuda dalam G20 kalau hanya sebatas bisa mengusulkan pembahasan terkait isu kepemudaan dan tidak diawasi sampai dengan tahap implementasi, maka peranya masih dikesampingkan, anak-anak muda hanya bisa dijadikan jualan.

"Untuk itu anak muda perannya sangat besar apabila suara-suaranya didengarkan dan mampu dijadikan implementasi pengambilan kebijakan," tutupnya. (B)

Penulis: Musyrifa Sya'adah

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga