Percepat Pemulihan Ekonomi, Ini Harapan Presiden Jokowi ke Pemda

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Kamis, 27 Mei 2021
0 dilihat
Percepat Pemulihan Ekonomi, Ini Harapan Presiden Jokowi ke Pemda
Wakil Bupati Konsel, Rasyid saat ikuti rakor nasional pengawasan interen pemerintah tahun 2021. Foto: Ist.

" Seluruh jajaran pemerintahan baik di pusat maupun daerah untuk membantu mendorong pemulihan ekonomi dengan mempercepat realisasi belanja pemerintah, didukung pengawalan dan pengawasan oleh BPKP dan APIP. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta jajaran pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi pada rapat koordinasi nasional pengawasan intern pemerintah tahun 2021, yang digelar secara virtual, Kamis (27/5/2021).

"Seluruh jajaran pemerintahan baik di pusat maupun daerah untuk membantu mendorong pemulihan ekonomi dengan mempercepat realisasi belanja pemerintah, didukung pengawalan dan pengawasan oleh BPKP dan APIP," kata Jokowi.

Menurutnya, hal itu harus direalisasikan dengan cepat guna membangkitkan ekonomi. Namun, tetap dalam pengontrolan dan pengawasan.

Baca juga: Buruan, BRI Buka Lowongan Kerja Lulusan SMA dan S1

Baca juga: Jokowi Harap Semakin Banyak UMKM Lebarkan Sayap ke Platform Digital

"Harus diperketat untuk menghindari penyelewengan anggaran, jika itu terjadi maka tidak akan diberi toleransi," tegasnya.

Untuk itu, Jokowi mengingatkan jajaran kementrian atau lembaga dan Pemda agar menjamin BPKP dan APIP bekerja independen dan profesional, sebaliknya kedua lembaga tersebut diminta tidak mencari-cari kesalahan para pengambil kebijakan.

"Efektivitas, akuntabilitas, dan efisiensi dari belanja itu hal yang sangat penting untuk menjamin tercapainya program pembangunan pemerintah tepat sasaran, didukung peningkatan kualitas data yang dikelola masing-masing," pungkasnya.

Untuk diketahui, rapat koordinasi nasional pengawasan interen pemerintah itu, diikuti oleh Wakil Bupati Konsel, Rasyid bersama Gubernur Sultra, Ali Mazi, serta para menteri kabinet Indonesia maju, Gubernur, Walikota, Bupati atau Wakil Bupati dan perwakilan Aparat Pengawasan Interen Pemerintah (APIP) se-Indonesia. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga