Perhimpunan Petani Konawe Selatan Deklarasi Dukung Hugua Maju Calon Gubernur Sulawesi Tenggara

Erni Yanti, telisik indonesia
Minggu, 31 Maret 2024
0 dilihat
Perhimpunan Petani Konawe Selatan Deklarasi Dukung Hugua Maju Calon Gubernur Sulawesi Tenggara
Perhimpunan Petani Konawe Selatan (PPKS) deklarasi dukung Hugua maju calon Gubernur Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Sejumlah petani Konawe Selatan yang tergabung dalam Perhimpunan Petani Konawe Selatan (PPKS) nyatakan sikap dukung Hugua untuk maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Tenggara Tahun 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah petani Konawe Selatan yang tergabung dalam Perhimpunan Petani Konawe Selatan (PPKS) nyatakan sikap dukung Hugua untuk maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Tenggara Tahun 2024, Minggu (31/3/2024).

PPKS menilai Hugua merupakan sosok pemimpin yang paling potensial untuk mewujudkan harapan dan aspirasi masyarakat Sulawesi Tenggara.

"Terlihat mi dari pernyataan dukungan Jaringan Hugua Sulawesi Tenggara (JAGA) Sultra soal dukungan Ir. Hugua menjadi calon Gubernur Sulawesi Tenggara. Kami juga menyampaikan dukungan untuk Bapak Ir. Hugua dalam Pilgub Sulawesi Tenggara 2024 mendatang," Sakum Priadi.

Dukungan ini juga dinyatakan setelah melihat perjalanan dan karir politik Hugua yang sangat aktif turun ke masyarakat, bahkan para petani pernah difasilitasi untuk menyampaikan keluhan masalah lahan transmigrasi yang berada di UPT Arongo, Amohola, Roda dan Wawoosu.

Baca Juga: Jelang Lebaran Harga Sembako di Pasar Naik Turun

Kata Sakum, sejak tahun 2012 lahan yang harusnya diterima rupanya masuk kawasan hutan, bahkan beberapa diantaranya belum memiliki lahan usaha yang dijanjikan pemerintah dan banyak juga yang bersengketa dengan HGU perusahaan.

"Namun Alhamdulilah, bapak Ir Hugua masih memperjuangkan di DPR RI hingga saat ini. Kami yakin jika beliau jadi calon gubernur pasti akan lebih cepat terselesaikan," kata Sakum Priadi.

Menurutnya, Hugua adalah pemimpin rakyat yang sesungguhnya, dibuktikan bahwa Hugua selalu turun ke bawah untuk mendengarkan keluh kesah masyarakat.

"Namun karena sebentar lagi Pak Hugua purna tugas di DPR, kami tidak ingin aspirasi kami ini terhenti sampai di sini. Olehnya itu kami meminta agar pak Hugua melanjutkan pengabdiannya sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara 2024-2029," ujar Sakum Priadi.

Baca Juga: Ini Harta Kekayaan Pj Wali Kota Baubau, Punya Aset Gila di Bogor

Sekretaris PPKS, Asih mengatakan, selama Hugua menjadi anggota DPR RI sudah banyak konflik lahan yang diselesaikan, termasuk sudah berhasil mensertifikatkan tanah sebanyak 1,3 juta bidang tanah sejak 2019.

Kemudian berhasil menurunkan status hutan di Lalowaru sebanyak 250 hektar menjadi perhutanan sosial yang saat ini sudah digarap oleh masyarakat.

Selanjutnya, pihaknya juga melihat Hugua melalui Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sintesa sudah sangat berjasa menyediakan air bersih di desa Sanggula dan desa Mekar Jaya  Kecamatan Moramo Utara, pembinaan petani Nlnilam dan pengembangan ekonomi desa di mayoritas desa di Moramo dan Moramo Utara. 

"Melalui LSM Sintesa beliau juga membangun air bersih di Ambololi melalui Yayasan Bina Insani dan banyak program lainnya yang diksanakan oleh Bapak Ir Hugua melalui dua LSM yang dibentuknya sejak 20 tahun lalu. Kesemua program tersebut hingga kini masih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tutup Asih. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga