Peringati HPN, Tiga BEM di Sultra Siap Berkolaborasi dengan Insan Pers

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Senin, 07 Februari 2022
0 dilihat
Peringati HPN, Tiga BEM di Sultra Siap Berkolaborasi dengan Insan Pers
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Foto: Ist

" Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) dan Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari, sebagai mahasiswa siap berkolaborasi dengan insan pers "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) dan Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari, sebagai mahasiswa siap berkolaborasi dengan insan pers, Senin (7/2/2022).

Dalam hal ini, untuk memberikan informasi ke masyarakat, mengedukasi dan sebagai penyeimbang opini publik yang bermuara pada berita hoaks.

Ketiga BEM Universitas ternama di Sultra tersebut juga mengucapkan selamat dan sukses Hari Pers Nasional (HPN) yang dilaksanakan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai 6-9 Februari 2022.

Ketua BEM UHO Kendari, Muhamad Luthfid Anando Aly Roza mengatakan, menyukseskan HPN bukan hanya dari pelaksanaan kegiatan di hari perayaan.

"Mahasiswa bukan cuman mau ikut meramaikan, tapi juga ikut membantu peran insan pers dalam menyediakan informasi-informasi valid untuk masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Sultra pada khususnya," katanya.

Ia juga berharap ke depannya, insan pers bisa bermitra dengan kelembagaan kampus, salah satu contoh dengan menggandeng mahasiswa UHO untuk mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan pers.

“Karena sesuai visi-misi kami, yaitu mampu berkolaborasi dengan semua pihak demi meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Sultra," ujarnya.

Terpisah, Ketua BEM Unsultra, Hasir menegaskan, ada empat permasalahan dalam dunia pers Indonesia. Masalah itu adalah, dominasi kepemilikan, media partisan, media yang tak mendidik dengan menyajikan materi berbau pornografi.

"Dan menjamurnya media abal-abal," ucapnya.

Menurutnya, peran insan pers sangat penting terutama untuk mengangkat isu-isu strategis daerah maupun nasional, sehingga masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya bisa mendapatkan informasi.

Ia berharap, momentum HPN 2022 yang digelar di Bumi Anoa Sultra bisa semakin memberikan edukasi dan memenuhi kebutuhan masyarakat terkait informasi.

Sementara itu, Ketua BEM UM Kendari, Karno mengatakan, Sultra sebagai tuan rumah HPN yang difokuskan di Kota Kendari, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri baginya sebagai mahasiswa.

Baca Juga: Pemkab Muna Biayai Transportasi 35 Mahasiswa UGM yang Bakal KKN di Kawasan Mutiara

Selain dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, momentum HPN ini juga bisa menjadi ajang promosi Kota Kendari di skala nasional.

"Akan tetapi, kondisi penyebaran COVID-19 varian terbaru yakni Omicron, membuat kami semua waspada akan penyebarannya," ungkapnya.

"Data yang kami dapatkan sudah ada 6 orang yang positif Omicron, olehnya itu bisa saja HPN ini menimbulkan klaster baru lagi. Kami sangat menyayangkan hal ini, di tambah lagi prosesi HPN ini kami lihat ada beberapa pihak yang tidak menjalankan protokol kesehatan dengan baik," sambungnya.

Baca Juga: Dirjen KSDAE Kementerian LHK, Ikut Ambil Langkah Majukan Program MBKM UHO Kendari

Lanjut, menurutnya peran pers di Sultra sangat vital dalam penyebaran informasi. Olehnya itu, ia berharap tidak adanya diskriminasi dan segala tindakan apapun yang dapat merugikan atau menghambat kerja-kerja pers. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga