adplus-dvertising

Peringati HUT Sultra Ke-58, Ali Mazi: Ini Bukan Peringatan Seremonial Belaka

Haidir Ali, telisik indonesia
Rabu, 27 April 2022
993 dilihat
Peringati HUT Sultra Ke-58, Ali Mazi: Ini Bukan Peringatan Seremonial Belaka
Gubernur Sultra, Ali Mazi, Sedang menyampaikan amanat pembina upacara pada peringatan HUT Sultra ke-58 di pelataran Rujab Gubernur Sultra pada Rabu 27 April 2022. Foto: Haidir Ali/Telisik

" HUT Sultra bukan hanya seremonial, dalam artian hanya melihat nilai historis berdirinya Sultra atau hanya sekedar mengenang para tokoh pendiri Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tepat hari ini, 27 April 2022, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-58. Cuaca cerah di pagi hari mengiringi pelaksanaan upacara peringatannya, yang dimulai pukul 10.00 Wita.

Ali Mazi, selaku gubernur Sultra, dengan pakaian berbalut busana adat Buton, bertindak sebagai pembina upacara pada HUT Sultra yang dilaksanakan di pelataran Rujab gubernur. Tema yang diangkat pada momentum HUT Sultra kali ini pun sangat menarik, sehingga terlihat para peserta dan tamu undangan sangat antusias mengikuti upacara.

Para peserta dan tamu undangan turut serta mengenakan busana adat dari masing-masing daerah, mereka adalah Wakil Gubernur Sultra, Ketua DPRD Sultra, seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sultra beserta jajaran, para bupati dan wali kota, tokoh masyarakat, agama, dan tokoh pemuda.


Dengan busana adat Buton, Gubernur Sultra Ali Mazi, berdiri di hadapan para tamu dan peserta upacara HUT Sultra ke-58, menyampaikan amanat pembina upacara.

Dalam penyampaiannya, ia mengatakan momentum HUT Sultra ke-58, bukan hanya menikmati hasil perjuang, kerja keras, dan karya yang ditinggalkan oleh para tokoh pendiri Sultra, namun perlu dipahami secara mendalam.

Katanya, acara peringatan HUT Sultra bukan hanya seremonial, dalam artian hanya melihat nilai historis berdirinya Sultra atau hanya sekedar mengenang para tokoh pendiri Sultra. Tetapi sudah sepatutnya menggugah hati nurani, menambah spirit dan energi sebagai masyarakat Sultra untuk merawat eksistensi, kebanggaan, dan kecintaan daerah yang telah diwariskan oleh para tokoh pendiri Sultra.

Baca Juga: Dapil 3 Pimpinan DPRD Kota Kendari Dilanda Banjir, 8 Kios Terendam

Terpenting kata dia, saat ini adalah menenangkan diri masing-masing, meskipun berbeda suku, budaya, agama, dan status sosial, termaksud pandangan politik. Tetapi, untuk kemajuan Sultra, harus bersatu dan memiliki rasa bangga menjadi warga Sultra.

"Kebanggaan tersebut termanifestasi dalam sebuah komitmen, melangkah bersama meningkatkan peran dan kontribusi positif, sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, untuk membangun daerah Sultra sekaligus membangun bangsa dan negara," terang Ali Mazi.

Dia juga menambahkan, Sultra saat ini terus bergerak maju dalam pembangunan di berbagai bidang. Ia juga mengungkapkan, tema yang diangkat pada HUT Sultra ke-58, yakni "Dengan Semangat GARBARATA Kita Wujudkan Sultra Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat.

Tema tersebut, mengandung nilai-nilai motivasi untuk selalu menyuarakan gerakan akselerasi membangun sumber daya manusia Sultra yang paripurna, sumber daya alam yang dikelola secara cerdas dan bertanggung jawab dan membangun infrastruktur sarana dan prasarana penunjang, sektor perekonomian dan sektor-sektor lainya demi kemajuan Sultra yang sesungguhnya.

Baca Juga: Buka Puasa Bersama, Pengurus Gerindra Palangga Konawe Selatan Dapat Motor

GARBARATA sendiri merupakan singkatan dari Gerakan Akselerasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Daratan dan Lautan atau Kepulauan.

Agar terciptanya kondisi aman, sejahtera, dan makmur untuk masyarakat Sultra, Ali Mazi mengajak untuk perkokoh persatuan dan terus bersinergi dalam membangun daerah sambil bermunajat kepada Allah SWT, semoga Sultra dilindungi dan diberkahi.

"Sehingga Sultra aman, terus maju, dan berkembang di seluruh aspek pembangunan, seiring dengan terciptanya kesejahteraan rakyat yang berkeadilan sosial, terkhusus rakyat Sultra dan secara umum bagi rakyat Indonesia," tutup Ali Mazi. (C)

Reporter: Haidir Ali

Editor: Kardin

Baca Juga