Perkembangan Zaman Bukan Ancaman Namun Tantangan untuk Pemuda

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Perkembangan Zaman Bukan Ancaman Namun Tantangan untuk Pemuda
Para pemateri gebyar muda berkarya yang diadakan di aula Fakultas Peternakan UHO Kendari. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Perkembangan zaman yang terus berubah terkadang dianggap sebagai sebuah ancaman untuk para pemuda karena ketakutan mereka jika tidak mampu bersaing sesuai dengan perubahan yang ada "

KENDARI, TELISIK.ID - Perkembangan zaman yang terus berubah terkadang dianggap sebagai sebuah ancaman untuk para pemuda karena ketakutan mereka jika tidak mampu bersaing sesuai dengan perubahan yang ada.

Hal tersebut disampaikan, Ketua Pemuda Kendari Bergerak Afif Nashrullah, saat menjadi pemateri di kegiatan gebyar muda berkarya yang digelar di Aula Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sabtu (27/1/2023).

Afif juga menambahkan, perkembangan zaman bukan sebuah ancaman namun peluang untuk para pemuda agar lebih kreatif dalam berkarya.

Baca Juga: Warga Nambo Minta Jangan Tutup Mata Pencaharian Dari Tambang Pasir

"Jangan jadikan perkembangan zaman sebagai suatu tantangan, namun jadikan dia sebagai peluang untuk kita terus bertumbuh dan berkarya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Afif juga memberikan tips agar para pemuda siap dalam menghadapi perkembangan zaman.

"Ada 5 tips agar pemuda bisa menciptakan peluang di tengah perkembangan zaman ini, pertama kepemimpinan, kemudian keberanian, lalu tingkatkan pengetahuan, perbanyak interaksi sosial dan menjaga akhlak mulia," tambahnya.

Sementara, salah satu pemateri yang merupakan manajer manajemen program dari Indonesia Next Leader, Irfan An Naufal, turut memberikan tips agar siap terhadap perkembangan zaman.

"Saya punya 3 tips agar kita siap terhadap perkembangan zaman yang pertama itu perbanyak pengalaman, lalu tingkatkan kebijaksanaan dan terakhir perluas koneksi," tutur Naufal yang merupakan pemateri asal Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Kembangkan Potensi Perikanan Sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Sulawesi Tenggara

Kegiatan gebyar muda berkarya sendiri mengundang berbagai elemen pemuda dari bebagai organisasi yang ada di Sulawesi Tenggara, guna mengajak mereka untuk berkolaborasi dalam membangun Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara.

Hal ini kemudian disambut baik oleh para peserta kegiatan karena mengajak para pemuda di Sulawesi Tenggara untuk berkolaborasi menjawab masalah bangsa, sebagaimana yang dikatakan oleh Renal, perwakilan dari Ikatan Pelajar Konawe Selatan.

"Kegiatan ini bagus karena mempertemukan para pemuda dengan keahlian di bidang masing-masing untuk sama-sama membantu membangun provinsi kita ini, pematerinya juga bagus dengan tips-tipsnya yang menarik," tutur Renal. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga