Perkuat Hubungan Bilateral, Anggota BKSAP DPR RI Hugua Berkunjung Ke Namibia

Erni Yanti, telisik indonesia
Sabtu, 08 Juni 2024
0 dilihat
Perkuat Hubungan Bilateral, Anggota BKSAP DPR RI Hugua Berkunjung Ke Namibia
Anggota BKSAP DPR RI Hugua berkunjung Ke Namibia. Foto: Ist.

" Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, melaksanakan kunjungan kerja ke Namibia dalam rangka memperkuat hubungan bilateral, sekaligus membuka peluang kerjasama di berbagai bidang, termasuk ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, melaksanakan kunjungan kerja ke Namibia dalam rangka memperkuat hubungan bilateral, sekaligus membuka peluang kerjasama di berbagai bidang, termasuk ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Anggota BKSAP DPR RI, Hugua menegaskan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari program kerja BKSAP untuk mengunjungi negara-negara non-tradisional, khususnya yang memiliki ikatan sejarah erat dengan Indonesia melalui Konferensi Asia-Afrika dan Gerakan Non-Blok.

Hugua mengingatkan kepada Dubes RI di Namibia serta Ketua DPR dan DPD Namibia untuk memahami kembali makna  Dasa Sila Bandung sebagai komitmen bersejarah negara negara Asia Afrika dalam kemerdekaan, hak asasi dan kemanusian .

Baca Juga: Dianggap Merusak Lingkungan Baliho Cagub dan Cawali di Kendari Ditulisi Status Tersangka

"Selain pertemuan resmi, Delegasi BKSAP DPR RI juga berkesempatan mengunjungi beberapa gedung bersejarah dan obyek wisata unggulan di Namibia," kata Hugua dalam keterangan persnya, pada Jumat (7/6/2024).

Di samping itu, BKSAP DPR RI sebagai mitra kerja Perwakilan RI menunjukkan bahwa diplomasi parlementer memiliki peran penting dalam memperkuat hubungan antarbangsa, memberikan manfaat nyata bagi masyarakat kedua negara, dan menjadi landasan bagi hubungan yang lebih baik di masa depan.

"Kunjungan ini menjadi momen bersejarah dalam memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Namibia serta mempererat ikatan persaudaraan antarbangsa yang telah terjalin sejak lama," tandasnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakraban, Hon Lukas Sinimbo Muha Ketua National Council ( DPR) yang didampingi oleh Sekretaris Adv Tousy Namiseb, Wakil Sekretaris Mr Ephraim Jane, dan Direktur Kantor National Mr Council Johannes Haiyambo, menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada delegasi BKSAP DPR RI yang telah memenuhi janjinya untuk melakukan kunjungan balasan ke Namibia.

Sebelumnya pada Desember 2023, delegasi National Council Namibia dipimpin oleh Hon Muha telah melakukan kunjungan kerja dalam rangka benchmarking study dan telah diterima dengan sangat baik oleh Parlemen Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Hon Muha menyampaikan harapan agar Indonesia dapat membantu Namibia dalam mengatasi bencana kekeringan berkepanjangan yang telah dideklarasikan sebagai Bencana Nasional oleh Presiden Namibia pada 22 Mei 2024.

Hon Muha juga menyampaikan pihaknya akan menyiapkan draft MoU kerja sama antara lembaga legislatif kedua negara sehingga kegiatan saling kunjung dan bentuk kerja sama dapat dilaksanakan secara lebih formal karena diatur dalam sebuah kesepakatan kerja sama.

Menanggapi masalah kekeringan di Namibia, Hugua menyampaikan World Water Forum ke-10 yang baru saja sukses digelar di Bali merupakan platform terbaik dalam memberikan solusi bagi tantangan bencana kekeringan yang saat ini Namibia hadapi.

Baca Juga: Tradisi Pengambilan Air Suci dari Polda Sulawesi Tenggara Jelang HUT Bhayangkara ke-78

Di samping itu, berbekal MoU Kerja Sama RI-Namibia di bidang Pertanian, Indonesia siap untuk membantu Namibia mencapai ketahanan pangan.

Selama pertemuan, keduanya juga membahas mengenai dukungan di fora internasional dan dukungan kepada rakyat Palestina.

Kunjungan ini merupakan langkah monumental dalam mempererat tali persaudaraan antara Indonesia dan Namibia, membuka jalan bagi kerja sama yang lebih luas dan bermanfaat bagi kedua negara. (C-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga