Perlu Anda Tahu, Ini Mukjizat yang Terdapat Pada Surah Al-Fatihah

Irawati, telisik indonesia
Jumat, 24 Desember 2021
0 dilihat
Perlu Anda Tahu, Ini Mukjizat yang Terdapat Pada Surah Al-Fatihah
Dengan rajin dan ikhlas membaca surah Al-Fatihah, maka Allah SWT akan memberikan ampunan atas dosa yang telah diperbuat. Foto: Repro kumparan.com

" Surah Al-Fatihah merupakan surah yang paling utama di antara surah-surah lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Surah Al-Fatihah merupakan surat urutan pertama di dalam Al-Qur'an dan berjumlah 7 ayat. Surah ini termasuk ke dalam golongan surah Makiyyah, yang artinya diturunkan di kota Mekkah.

Surah Al-Fatihah merupakan surah pembuka dalam Al-Qur'an. Surah Al-Fatihah sendiri berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti "pembukaan." Surah ini memiliki banyak nama lain, di antaranya Ummul-Kitab, Ummul-Quran, as-Sab'ul Matsani, Asy-Syifa, atau Ar-Ruqyah.

Membaca surah Al-Fatihah merupakan salah satu rukun salat yang wajib dilakukan. Selain itu, surah ini juga kerap dibaca dalam pembukaan sebuah acara seperti majelis, pengajian, pembelajaran, dan lain sebagainya.

Melansir dari liputan6.com, berikut ini adalah bacaan dan arti surah Al-Fatihah latin yang perlu Anda ketahui :

"Bismillahirrahmanirrahim"

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,”

"Alhamdulillahi rabbil alamin"

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,”

"Ar-Rahmanir Rahim"

Artinya: “Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,”

"Maliki yaumiddin"

Artinya: “Yang menguasai hari pembalasan,”

"Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta'in"

Artinya: “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan,”

"Ihdinash shirathal mustaqim"

Artinya: “Tunjukilah kami jalan yang lurus,”

"Shirathal ladzina an'amta 'alaihim ghoiril maghdzubi ‘alaihim waladldlallin"

Artinya : (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

Mengenal Kandungan surah Al-Fatihah

Setelah mengetahui arti surah Al-Fatihah, selanjutnya adalah mengenal kandungan dalam surah Al-Fatihah. Dalam surah Al-Fatihah, terdapat beberapa kandungan yang mencakup tujuan dari Al-Qur'an.

Seperti prinsip dan turunan ajaran agama Islam yang meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah Islam, pengesaan dalam penyembahan, juga permohonan pertolongan melalui doa. Surah Al-Fatihah juga mengandung prinsip-prinsip asasi semua surah-surah di dalam Al-Qur’an.

Mukjizat Surah Al-Fatihah

Setelah mengetahui arti surah Al-Fatihah, ada baiknya mengetahui mukjizat dari turunnya surah Al-Fatihah. Surah Al-Fatihah diturunkan beriringan dengan mukjizat-mukjiat yang menyertainya, di antaranya:

1. Surah Paling Utama

Surah Al-Fatihah merupakan surah yang paling utama di antara surah-surah lainnya. Imam Ahmad bin Hanbal dalam riwayatnya mengatakan:

"Yahya bin Said menyampaikan kepada kami dari syu'bah yang menerima kabar ini dari Hubaib bin Abdurrahman, dari Hafidz bin Ashim, dari Abu Said Al Ma'aalli ra," ketika aku sedang salat, Rasulullah memanggilku. Aku tidak menyahut, setelah selesai salat aku mendatangi beliau.

Rasulullah SAW bersabda: "Kenapa kamu tidak segera mendatangiku?" Aku menjawab, "Karena aku sedang salat, ya Rasulullah."

Kemudian Rasulullah SAW juga bersabda: "Aku akan mengajarkan kepadamu surah yang paling utama dalam Al-Qur'an sebelum kamu keluar dari masjid ini, yaitu Alhamdulillahirabbil 'aalamiin (dan seterusnya) ialah tujuh ayat yang berulang-ulang dan itulah Al-Quran Al-Azim yang telah disampaikan kepadaku."

2. Turun Langsung dari Arsy

Surah Al-Fatihah diturunkan langsung dari Arsy oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Hakim meriwayatkan dalam kitabnya Al-Mustadrak, Rasulullah SAW bersabda:

"Amalkanlah semua yang terdapat dalam Al-Qur'an, halalkanlah apa yang dihalalkannya, haramkanlah apa yang diharamkannya, dan patuhilah dia. Jangan sekali-sekali, engkau ingkari apa yang ada di dalamnya. Pada apa-apa yang kamu tidak mengerti maksudnya, kembalikanlah kepada Allah SWT dan orang-orang yang memiliki pengetahuan sesudah aku meninggal nanti, supaya diterangkan kepadamu.

Berimanlah kamu kepada Taurat, Zabur, Injil, dan apa saja yang dibawa oleh para nabi dari Tuhan mereka. Al-Qur'an dan segala keterangan yang tercantum di dalamnya akan memberi kelapangan kepadamu. Sesungguhnya Al-Qur'an itu pemberi syafaat, sesuatu yang tidak pandai berbicara tetapi membawa kebenaran. Sedangkan surah Al-Fatihah diberikan kepadaku langsung dari Arsy."

Keutamaan Surah Al-Fatihah

Adapun keutamaan dari surah Al-Fatihah tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Memudahkan hajat

Membaca surah Al-Fatihah dengan niat sesuai dengan apa yang diinginkan, maka Allah SWT akan memudahkan hajatnya.

2. Sebagai obat

Surah Al-Fatihah dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Surah Al-Fatihah menjadi kunci pembuka segalanya. Dikutip dalam buku berjudul "Ruqyah Tadabbur Ayat Suci Al-Qur'an untuk Menyembuhkan Penyakit Kanker, Tumor dan Kista" oleh H. Fadhil Zainal Abidin BE dan Muhammad Vandestra mengutip surah Al-Israak ayat 82, Allah SWT telah menegaskan bahwa ia telah menurunkan Al-Qur'an di dalamnya ada obat bagi berbagai macam penyakit.

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (Al-Israak 82).

3. Sebagai ruqyah

Surah Al-Fatihah merupakaan bacaan ruqyah yang sangat penting. Ruqyah adalah salah satu metode untuk mengeluarkan gangguan jin atau setan pada diri manusia.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa tidak meruqyah seseorang, kecuali dengan membacakan Al-Fatihah. Begitu istimewa surah ini maka surat ini memang dianjurkan untuk dibaca ketika sedang melakukan ruqyah.

4. Sebagai syarat sah salat

Surah ini masuk dalam rukun salat sehingga tidak ada salat tanpa Al-Fatihah. Dan apabila seseorang tidak membaca surah Al-Fatihah saat salat, maka salatnya dianggap tidak sah.

5. Melancarkan rezeki

Keutamaan surah Al-Fatihah selanjutnya yakni dapat melancarkan rezeki. Dengan membaca surah Al-Fatihah sebanyak 20 kali setelah melaksanakan salat fardu atau salat lima waktu, maka Allah akan membukakan pintu rezeki kepada seorang Muslim yang membacanya.

6. Mendapatkan pahala seperti membaca sepertiga Al-Qur'an

Seorang Muslim yang membaca dan mengamalkan surah Al-Fatihah, maka Allah memberikannya pahala seperti halnya membaca sepertiga Al-Qur'an.

Baca Juga: Sulit Bangun Salat Subuh? Ini Tips yang Bisa Membantu Anda

7. Dilindungi dari godaan setan yang terkutuk

Membaca surah Al-Fatihah ketika hendak tidur dan diikuti dengan surah Al-Falaq dan An-Naas akan memberikan perlindungan kepada seseorang Muslim dari godaan setan yang terkutuk saat tidur.

8. Sebagai doa meminta jodoh

Dengan membaca surah Al-Fatihah setiap hari dengan hati yang tulus dan ikhlas kemudian dilanjutkan dengan membaca surah Al-Baqarah, maka Allah akan mendekatkan jodoh untuk seorang yang telah membaca surah tersebut.

9. Mendapatkan ampunan dosa

Seorang Muslim yang rajin dan ikhlas membaca surah Al-Fatihah, maka Allah akan memberikan ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

10. Menyelamatkan dari api neraka

Orang yang semasa hidupnya rutin membaca surah Al-Fatihah, maka kelak di akhirat Allah akan menyelamatkan lidah orang tersebut dari panasnya api neraka.

Melansir dari kumparan.com, ternyata ada beberapa keistimewaan dari surah Al-Fatihah sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, "Jika kita punya suatu hajat apapun, surah Al-Fatihah bisa menjadi perantara untuk hajat tersebut."

Berikut keistimewaan yang tedapat pada surah Al-Fatihah:

1. Syarat sah salat

Ketika seorang Muslim menjalankan ibadah salat, salah satu yang menjadi syarat sah salat adalah dengan membaca surah Al-Fatihah.

Jika mereka tidak membaca surah Al-Fatihah ketika salat, maka salat tersebut menjadi tidak sah.

"Tidak sah salatnya orang yang tak membaca surah Al-Fatihah." (HR. Muslim).

2. Sebagai obat

Keistimewaan lainnya adalah dapat menyembuhkan penyakit. Surat Al-Fatihah menjadi kunci pembuka segalanya, inilah mengapa Al-Fatihah dapat menyembuhkan penyakit dan pembuka dari segala urusan kebaikan.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Isra ayat 82 yang artinya:

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian."

Baca Juga: Ini Dia 3 Golongan Orang yang Lebih Dulu Masuk Neraka

3. Pembuka pintu rezeki

Selain dapat menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit, Al-Fatihah juga bisa memudahkan kita untuk mendapatkan banyak rezeki.

Dipercaya, ketika kita membaca Al-Fatihah sebanyak 41 kali di sepertiga malam atau ketika sahur, maka Allah SWT akan membukakan pintu rezeki dan dimudahkan segala urusannya.

5. Ruqyah

Surah Al-Fatihah merupakan bacaan ruqyah yang sangat penting. Di mana ruqyah menjadi salah satu metode untuk mengeluarkan gangguan jin atau setan yang masuk ke dalam diri manusia.

"Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surah Al-Fatihah." Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lantas tersenyum dan berkata, "Bagaimana engkau bisa tahu Al-Fatihah adalah ruqyah (bisa digunakan untuk meruqyah)?" Beliau pun bersabda, "Ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian." (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Mendapatkan pahala melimpah

Surah Al-Fatihah yang menjadi surah pembuka dalam Al-Quran bisa mendulangkan pahala bagi setiap Muslim yang rajin membacanya.

7. Ampunan dosa

Setiap manusia seringkali berbuat salah. Maka dari itu, dengan rajin dan ikhlas membaca surah Al-Fatihah, maka Allah SWT akan memberikan ampunan atas dosa yang telah diperbuat. (C)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga