Permainan Tempo Dulu Warnai Rangkaian Peringatan HUT ke-77 RI

Hir Abrianto, telisik indonesia
Senin, 08 Agustus 2022
0 dilihat
Permainan Tempo Dulu Warnai Rangkaian Peringatan HUT ke-77 RI
Lomba lari karung dengan menggunakan helem dari peserta pelajar. Foto: Hir/Telisik

" Di momentum hari kemerdekaan bangsa, masyarakat diajak memperingati HUT RI dengan menggelar berbagai jenis permainan unik "

BOMBANA, TELISIK.ID - Setelah beberapa tahun dunia dilanda pandemi COVID-19, berbagai bentuk permianan hiburan rakyat tidak pernah lagi ditampilkan di tengah-tengah masyarakat.

Kali ini, berkat makin melandainya penyebaran wabah Corona, berbagai permainan yang memperat keakraban antar warga kembali bisa disaksikan di tengah rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun ke-77 kemerdekaan RI tahun 2022.

Kepala Desa Hambawa, Kecamatan Mata Oleo, Asrun saat ditemui mengatakan, sejak awal tahun 2020, masyarakat membatasi diri untuk beraktivitas di luar rumah akibat pandemi. Siswa melaksanakan proses belajar dari rumah, nyaris tidak pernah bertemu dengan rekan-rekan siswa lainnya sehingga keakraban hampir tidak ada.

Dengan begitu, momentum hari kemerdekaan bangsa, Asrun bersama panitia lainnya mengajak masyarakat memperingati HUT RI dengan menggelar berbagai jenis permainan unik.

"Akibat pandemi sejak tahun 2020, kita jenuh dengan aktivitas serba di rumah. Hubungan sesama pelajar sangat terbatas karena belajar online, keakraban lintas generasi mulai tergerus oleh perkembangan teknologi, maka di momen HUT RI ini kita rajut kembali persatuan dan keakraban melalui permainan klasik yang dapat memupuk kembali rasa kekeluargaan dan persatuan," ujar Asrun, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Jelang HUT RI Ke-77, Infrastruktur Rusak di Muna Barat Mulai Ditangani

Baca Juga: Sekertaris Fraksi Karya Indonesia Raya DPRD Kolaka Utara Meninggal Dunia

Ketua panitia peringatan HUT ke-77 RI Asrudin menyebutkan, berbagai jenis perlombaan yang digandrungi warga di Kecamatan Mataoleo di antaranya, untuk tingkat pelajar ada lomba lari karung, sepak bola mini, memasukan paku dalam botol, pidato kebangsaan, sumpah pemuda, menghafal UUD 1945, proklamasi, lari sprin, kreator TikTok, makan terong, serta perlombaan di bidang keagamaan.

Sementara untuk permainan yang melibatkan ibu-ibu rumah tangga seperti sepak bola dangdut, berjalan sambil menjunjung nyiru, tarik tambang, memecahkan balon bersama pasangan, estafet terong, dan karaoke.

"Kita kasi seru dengan permaian tempo dulu. Alhamdhulillah banyak peminatnya dan sangat nampak bahwa masyarakat kita sangat rindukan hal-hal yang begini," pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga