Pernah Singgah Salat, Andi Sumangerukka Bantu Renovasi Masjid di Tinanggea

Sumarlin, telisik indonesia
Sabtu, 04 Desember 2021
0 dilihat
Pernah Singgah Salat, Andi Sumangerukka Bantu Renovasi Masjid di Tinanggea
Andi Sumangerukka menyerahkan bantuan pada Abdihi untuk perbaikan Masjid An-Nur dan rumah milik Abdihi. Foto: Ist.

" Mantan Pangdam XIV/Hasanuddin Andi Sumangerukka menyerahkan bantuan perbaikan Masjid An-Nur di Desa Roraya, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mantan Pangdam XIV/Hasanuddin Andi Sumangerukka, menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 80 juta pada Abdihi, warga Desa Roraya, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Uang tersebut untuk merenovasi masjid dan rumah miliknya.

Bantuan tersebut diberikan ASR saat melakukan safari politik di Kecamatan Tinanggea, Konsel, akhir bulan November 2021.

ASR di hadapan masyarakat Konsel mengatakan, beberapa tahun yang lalu dirinya pernah singgah menunaikan salat wajib di Masjid An-Nur.

“Saya ketemu dengan Pak Abdihi yang merupakan penjaga masjid, usai melaksanakan salat. Dan saya sampaikan ke dia, saya berharap Masjid An-Nur bisa ada perubahan karena kondisinya saat itu memprihatinkan karena bangunannya sudah cukup tua,” ungkapnya.

Menurut mantan Danrem 143/Halu Oleo itu, kondisi Masjid An-Nur hingga saat ini belum pernah diperbaiki. Olehnya itu dia memanggil penjaga Masjid An-Nur untuk memberikan bantuan uang tunai untuk renovasi masjid tersebut.

“Jadi rumahnya Pak Abdihi itu di samping masjid dan rumahnya juga butuh renovasi. Jadi saya berikan uang tunai Rp 80 juta, untuk merenovasi masjid Rp 40 juta dan Rp 40 juta untuk rumah Pak Abdihi,” ujarnya.

Abdihi yang ditemui usai menerima bantuan dari ASR mengaku tidak menyangka bisa bertemu kembali dengan Andi Sumangerukka. Dia pertama kali bertemu mantan Kabinda Sultra itu di tahun 2019 lalu.

Baca Juga: Pelayanan Publik Rendah, Ombudsman: Banyak Sekda Tak Paham Tugas Kewenangannya

“Beliau saat itu baru selesai salat bersama beberapa orang. Dan langsung memanggil saya untuk bercerita sejenak. Seingat saya dia bilang masjid ini harus diperbaiki karena sudah sangat tua bangunannya,” kata pria berusia 61 tahun itu.

Kemudian Abdihi bilang, ASR saat itu menyampaikan bahwa suatu saat nanti kalau masjid tersebut belum direnovasi, maka ASR sendiri yang melakukan renovasi.

“Allhamdulillah janjinya di beberapa tahun lalu dibuktikan. Dan yang membuat saya kaget bukan hanya masjid yang direnovasi tetapi rumah saya juga yang ada di samping masjid,” kata ayah lima anak itu

“Dan atas bantuan tersebut saya mewakili jemaah Masjid An-Nur mengucapkan terima kasih atas perhatian ASR. Semoga ini akan menjadi amal jariyah ASR dan apa yang menjadi tujuan ASR untuk menjadi Gubernur Sultra bisa terwujud nantinya, Aamin Ya Rabbal Aalamiin,” tutupnya.

Baca Juga: Koramil Wakorut dan Bonegunu Diresmikan, Ini Pesan Wabup Butur

Selain menyerahkan bantuan perbaikan Masjid An-Nur, dalam safari politik ASR di Kabupaten Konawe Selatan juga menyerahkan bantuan pada puluhan masjid, dan sejumlah tempat ibadah lainnya seperti gereja dan pura. (B-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga