Pernah Terpapar COVID-19, Airlangga Hartanto Tak Melapor ke Istana

Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 20 Januari 2021
0 dilihat
Pernah Terpapar COVID-19, Airlangga Hartanto Tak Melapor ke Istana
Tangkapan layar Menko Perekonomian Airlangga Hartanto saat melakukan donor plasma konvalesen di Markas PMI, Jakarta, Senin (18/1/2021). Foto: Ist.

" Jadi terkait ketua umum partai kami yang juga Menko Perekonomian sekaligus Ketua KPCPEN yang status OTG karena COVID-19 dikatakan tidak melapor ke istana sama sekali bukan sebuah keharusan. Dan tidak ada gunanya dipersoalkan apalagi dipolitisir. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartanto ternyata pernah terkonfirmasi positif COVID-19.

Hal tersebut diketahui dari politisi senior Partai Golkar Ridwan Hisjam, setelah sebelumnya Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar menuai sorotan karena ia dianggap tidak mau melaporkan diri ke Istana saat dinyatakan positif corona atau COVID-19. Tindakan Airlangga dianggap membahayakan.

Namun, menurut Ridwan Hisjam, Airlangga tidak bisa disalahkan. Sebab, tidak ada aturan di negeri ini yang menyebut bahwa seorang pejabat negara atau anggota masyarakat yang terkena pandemi diumumkan ke publik secara by name. Terlebih jika yang bersangkutan sebatas berstatus orang tanpa gejala (OTG) COVID-19.

“Jadi terkait ketua umum partai kami yang juga Menko Perekonomian sekaligus Ketua KPCPEN yang status OTG karena COVID-19 dikatakan tidak melapor ke istana sama sekali bukan sebuah keharusan. Dan tidak ada gunanya dipersoalkan apalagi dipolitisir,” ujar Ridwan seperti dikutip dari laman Obsession News (20/1/2021).

Kabar Ketua Umum Golkar Airlangga yang juga Menko Perekonomian itu pernah terkena COVID-19 baru diketahui saat dirinya mengikuti donor plasma konvalesen yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI), Selasa (18/1/2021).

Telisik.id terakhir kali melihat Airlangga bersama Menteri Sri Mulyani saat mendampingi Presiden Jokowi pada acara Rapat Tahunan OJK di Istana Bogor, 15 Januari lalu.

Ridwan menegaskan, apa yang dialami Airlangga kala itu sebatas OTG. Dimana status ini menunjukan bahwa orang tersebut punya sistem kekebalan tubuh yang dianugerahi oleh Tuhan untuk bisa melawan COVID-19.

Baca juga: Kemenkes Siapkan Rumah Sakit Kapal Layani Korban Gempa Sulbar

Anggota Komisi VII DPR ini merasa persoalan Airlangga tak perlu dibesarkan lagi. Mengingat selama OTG Airlangga melakukan isolasi mandiri di rumah dalam pengawasan dokter.

Airlangga, juga terus bekerja di rumah atau work from home (WFH) dalam menjalankan program penanggulangan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Ia pun sekarang juga sudah dinyatakan sehat dari virus.

“Justru kami bersyukur kepada Tuhan, ketua umum kami bisa sehat wal afiat dan kemudian bisa mendonorkan plasma konvalesennya bagi kesembuhan para penderita COVID-19,” kata Ketua Dewan Pembina PP Padepokan Kosgoro57 ini.

Menurutnya, terpenting saat ini adalah membangun rasa kebersamaan dan persatuan untuk membantu bangsa dan negara agar bisa cepat selesai masalah penyebaran COVID-19.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang OTG untuk ikut mendonorkan plasma konvaselen agar bisa membantu masyarakat yang terpapar COVID-19.

Ridwan juga mengajak masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga