Perolehan Suara DPR RI Sulawesi Tenggara Ahmad Safei, Digeser Eks Gubernur Ali Mazi

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 17 Februari 2024
0 dilihat
Perolehan Suara DPR RI Sulawesi Tenggara Ahmad Safei, Digeser Eks Gubernur Ali Mazi
Dua eks Kepala daerah, Ahmad Safei mantan Bupati Kolak (kiri) dengan H Ali Mazi (kanan) pernah memimpin Sulawesi Tenggara. Foto: Kolase

" Jelang tiga hari pasca pemungutan suara pada pemilihan umum 2024, proses real count versi Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih berlangsung dengan intensitas tinggi "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang tiga hari pasca pemungutan suara pada pemilihan umum 2024, proses real count versi Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih berlangsung dengan intensitas tinggi.

Hingga saat ini, data yang telah masuk mencapai 61,71 persen. Perolehan suara di Sulawesi Tenggara menunjukkan persaingan sengit antara dua kandidat utama, yakni H. Ali Mazi dan Ahmad Safei.

Sebelumnya, beberapa nama kandidat telah memunculkan prediksi akan menduduki kursi di DPR RI dari Sulawesi Tenggara. Diantara mereka adalah Jaelani dari PKB yang memimpin perolehan suara, diikuti oleh Andi Sumangerukka (ASR) dari PPP, Ridwan Bae dari Golkar, Rusda Mahmud dari Demokrat dan Ahmad Safei dari PDIP. Namun, situasi berubah hingga saat ini.

Baca Juga: Suara Nasdem dan Gerindra Tembus 100 Ribu DPR RI, Eks Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi Ditinggal Bahtra

Berdasarkan data terbaru yang dipantau dari pemilu2024.kpu.go.id oleh Telisik.id pada Sabtu, (17/2/2024), pukul 17.33 Wita, terlihat total keseluruhan suara untuk Partai Nasional Demokrat (NasDem) telah mencapai angka 101.100.

Di antara nama-nama yang berhasil mengumpulkan dukungan, mantan Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, menempati posisi teratas dengan perolehan suara sebanyak 35.173.

Sementara itu, Hj. Tina Nur Alam mendapatkan dukungan sebanyak 29.924 suara, Sabaruddin Labamba 5.885 suara, Anna Susanti 5.642 suara, dan Muh. Sabri Manomang 4.964 suara. Tidak ketinggalan, eks Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, juga meraih perhatian dengan perolehan suara sebanyak 30.709.

Baca Juga: Potensi Tembus 2 Periode, Wa Ode Rabiah Al Adawiah Ridwan Kebanjiran Ucapan Selamat di Instagram

Di sisi lain, partai PDIP juga menunjukkan perolehan suara yang signifikan dengan total 89.237 suara. Di antara para calon legislatif dari PDIP, Ahmad Safei berhasil menduduki posisi puncak dengan perolehan suara sebanyak 35.025.

Selain Ahmad Safei, beberapa kandidat lain yang mendapatkan dukungan dari PDIP antara lain Hasrat Haji Nabi dengan 11.171 suara, Ir. Hugua dengan 20.555 suara, Wa Ode Sylifia Djarudju dengan 9.500 suara, Muhamad Fajar Hasan dengan 18.856 suara, dan ST. Fatimah dengan 4.509 suara.

Meskipun demikian, perhitungan suara masih terus berlanjut. Diperkirakan, proses real count akan memakan waktu yang cukup lama mengingat belum mencapai 100 persen dari data yang masuk. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga