Perpustakan Daerah Kerjasama Pemdes Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 16 Desember 2020
0 dilihat
Perpustakan Daerah Kerjasama Pemdes Tingkatkan Minat Baca Masyarakat
Peresmian Perpustakaan Daerah Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Perpustakaan Daerah telah berupaya meningkatkan minat baca dengan melakukan kerjasama dengan desa. Buktinya Desa Lakomea menjadi yang terbaik nasional sebagai desa pustaka. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Guna meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Perpustakaan Daerah bekerjasama dengan seluruh pemerintah desa setempat.

Bentuk kerjasama yang dilakukan dengan memberdayakan Perpustakaan Desa sebagai wadah literasi desa.

Hal ini diungkapkan Bupati Bombana, Tafdil, usai melangsungkan prosesi gunting pita peresmian gedung perpustakaan daerah yang dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando, Rabu (16/12/2020).

"Perpustakaan Daerah telah berupaya meningkatkan minat baca dengan melakukan kerjasama dengan desa. Buktinya Desa Lakomea menjadi yang terbaik nasional sebagai desa pustaka," ungkapnya di hadapan awak media.

Baca juga: Dispar Muna Promosikan Lagu Daerah Lewat Festival

Sehubungan dengan peresmian gedung perpustakaan yang menghabiskan anggaran Rp 10 miliar ini, Tafdil diganjar piagam penghargaan dari perpustakaan nasional karena telah mengambil langkah nyata menyediakan fasilitas baca.

Menurut Muhammad Syarif Bando, Perpustakaan Daerah Bombana merupakan salah satu perpustakaan yang terbaik dari 21 perpustakaan daerah yang telah ia resmikan.

"Tindakan nyata Bupati Bombana patut diapresiasi. Selain terbaik, perpustakaan ini juga bisa menjadi pemikat daya baca warganya," ucap Syarif.

Tafdil kembali menegaskan akan memastikan infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya secepatnya akan disediakan. Selain itu, pegawai teknis juga bakal dikerahkan untuk melakukan sosialisasi. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga