Persyaratan Pilrek UHO Disoal, Dewan Bakal Panggil Panitia Pemilihan

Kardin, telisik indonesia
Senin, 22 Februari 2021
0 dilihat
Persyaratan Pilrek UHO Disoal, Dewan Bakal Panggil Panitia Pemilihan
Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh didampingi Ketua Komisi IV, Ld Frebi Rifai saat menerima aspirasi PK3 Sultra. Foto: Kardin/Telisik

" Jadi berdasarkan Statuta UHO, UPT itu masuk sebagai salah satu unit organisasi rektor sebagai pengelola kampus. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah massa mendatangi DPRD Sultra guna meminta dewan meneruskan tuntutan pencabutan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 0137/E/KP/2021 terkait Penjelasan Syarat Bakal Calon Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Senin (22/2/2021).

Pasalnya, pada surat tersebut tertuang jika Unit Pelaksana Teknis (UPT) tidak dapat mencalon diri sebagai Rektor PTN termasuk di Universitas Halu Oleo (UHO), karena tidak diakui sebagai pengalaman managerial, yang setara dengan ketua jurusan atau sebutan lain yang setara atau ketua lembaga.

Korlap aksi dari Pusat Kajin Kebijakan Kampus (PK3) Sultra, Rusdianto Sarif menerangkan, berdasarkan ketentuan Pasal 16 Permendikbud Nomor 43 Tahun 2012 Tentang Statuta UHO, dan ketentuan Pasal 6 Permendikbud Nomor 149 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja UHO, dimana salah satu unit organisasi pada organ rektor sebagai pengelola UHO adalah UPT.

"Jadi berdasarkan Statuta UHO, UPT itu masuk sebagai salah satu unit organisasi rektor sebagai pengelola kampus," beber Rusdianto di DPRD Sultra.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh mengatakan, pihaknya telah menerima aspirasi massa aksi terkait salah satu persyaratan Pemilihan Rektor (Pilrek) UHO dan bakal ditindak lanjuti ke kementerian tekait.

Baca juga: Wali Kota Kendari Ungkap Asal Mula Penetapan Hari Peduli Sampah Nasional

"Yang pasti atas nama pimpinan, DPR sudah menerima aspirasi ini dan selanjutnya disilahkan ke Komisi IV. Mekanismenya nanti kita selesaikan," papar pria yang karib disapa ARS itu.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Sultra, Ld Frebi Rifai menerangkan, terkait salah satu persyaratan bakal calon Rektor UHO yang disoal, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Dirjen Dikti.

"Jadi kita akan lihat hasil koordinasi itu nantinya. Yang pasti akan kita tindak lanjuti," bebernya.

Bahkan kata dia, pihaknya juga bakal memanggil pihak-pihak terkait dalam hal pemilihan Rektor UHO.

"Termasuk para Senat yang tergabung dalam kepanitiaan pemilihan rektor. Kita akan panggil bila diperlukan," pungkasnya. (A)

Reporter: Kardin

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga