Pertama dalam Sejarah, Jalanan London Didekor Megah Nuansa Ramadan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 30 Maret 2023
0 dilihat
Pertama dalam Sejarah, Jalanan London Didekor Megah Nuansa Ramadan
Distrik terkenal di London telah dihiasi dengan lentera dan lampu berbentuk bulan sabut khas ramadan. Foto: Repro Cnbcindonesia.com

" London sekarang menjadi kota besar pertama di Eropa yang menjadi tuan rumah pertunjukan lampu spektakuler untuk menandai Ramadhan "

LONDON, TELISIK.ID - Meski bukan negara mayoritas penduduk muslim, umat Islam di London patut berbangga. Pasalnya ornamen dekorasi Ramadan tahun ini megah dipajang di jalanan ibukota Inggris tersebut.

Dilansir dari Rgb.id, distrik terkenal di ibu kota Inggris ini telah dihiasi dengan lentera dan lampu berbentuk bulan sabit dan bintang yang bertuliskan "Happy Ramadan" yang didirikan di Coventry Street antara Piccadilly dan Leicester Square.

Lampu-lampu tersebut dinyalakan oleh Wali Kota London, Sadiq Khan menandai resminya pemasangan ornamen Ramadan di London, pada Selasa (21/3/2023) waktu setempat.

Kawasan yang terkenal dengan pusat perbelanjaannya ini memang terkenal di kalangan populasi muslim London. Ada pun populasi muslim di London mencapai 15 persen penduduk.

"London sekarang menjadi kota besar pertama di Eropa yang menjadi tuan rumah pertunjukan lampu spektakuler untuk menandai Ramadhan. Itu adalah simbol sejati bagaimana ibu kota kita merayakan keragaman kita," kata Sadiq Khan dalam cuitannya di Twitter.

Baca Juga: Ramadan Tahun Ini, Arab Saudi Batasi Imam Baca Qunut Tarawih hingga Anak-anak Dilarang ke Masjid

Ornamen tersebut disponsori oleh Aziz Foundation, sebuah yayasan amal keluarga yang didirikan pada tahun 2015 oleh Asif Aziz dan didirikan oleh Raja Charles pada tahun 2007 yang berfungsi untuk meningkatkan akses ke pendidikan pascasarjana dan mendukung banyak proyek komunitas lainnya.

Dikutip dari Beautynesia.id, pameran ini diorganisir oleh Aisha Desai, yang terinspirasi dari kegemarannya pada lampu Natal. 

"Saya hanya memiliki ambisi untuk mendekorasinya seperti lampu Natal," ungkapnya, dilansir darai BBC UK.

Ia mengingat akan mengunjungi lampu Natal bersama saudara perempuannya ketika dirinya tumbuh dewasa, ia juga memiliki kesempatan untuk tinggal di Timur Tengah dan ingin membawa kegembiraan dan keajaiban itu ke London, kota asalnya.

Desai memulai proyek ini sejak tiga tahun lalu.

Baca Juga: Tradisi Haroa Cara Unik Umat Muslim Muna Menyambut Bulan Suci Ramadan

"Kelihatannya luar biasa, saya sangat senang dengan tanggapan positif dari masyarakat," katanya.

Melalui proyek ini, Desai juga ingin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa Ramadan adalah bulan yang sangat penting bagi umat Islam.

"Saya ingin meningkatkan kesadaran itu juga untuk memberi tahu tetangga kami bahwa ini adalah bulan yang sangat penting bagi kami, ini adalah bulan favorit saya dalam setahun dan saya bersyukur kita ada di sini hari ini," tuturnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga