Pertama Dalam Sejarah, Pasukan NRF NATO Siap Dikerahkan di Perang Rusia-Ukraina

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 27 Februari 2022
0 dilihat
Pertama Dalam Sejarah, Pasukan NRF NATO Siap Dikerahkan di Perang Rusia-Ukraina
Pasukan khusus NATO yang siap tempur. Foto: Repro Voi.id

" Pertama kalinya dalam sejarah, NATO Response Force (NRF) diaktifkan sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina "

MOSKOW, TELISIK.ID - NATO, untuk pertama kalinya dalam sejarah, mengaktifkan NATO Response Force (NRF) sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

"Kami telah mengaktifkan rencana pertahanan NATO untuk mempersiapkan diri kami untuk menanggapi berbagai kemungkinan dan mengamankan wilayah Aliansi, termasuk dengan menarik pasukan respons kami," kata kepala negara dan NATO dalam sebuah pernyataan.

"Kami sekarang membuat pengerahan pasukan pertahanan tambahan yang signifikan ke bagian timur Aliansi. Kami akan melakukan semua pengerahan yang diperlukan untuk memastikan pencegahan dan pertahanan yang kuat dan kredibel di seluruh Aliansi, sekarang dan di masa depan."

Para pemimpin menekankan langkah itu "tetap preventif, proporsional dan tidak meningkat," tambahnya, seperti dilansir dari Liputan6.com.

Dikutip dari Sindonews.com, Minggu (27/2/2022), NRF adalah pasukan siap sedia multinasional dan berteknologi maju yang terdiri dari komponen darat, udara dan laut dan pasukan operasi khusus (SOF) yang dapat dikerahkan dengan cepat di mana pun dibutuhkan.

Baca Juga: Rusia Kembali Serang dari Segala Arah, 198 Warga Termasuk 3 Anak-Anak Ukraina Tewas

NRF memiliki tujuan menyeluruh untuk dapat memberikan respons militer yang cepat terhadap krisis yang muncul, baik untuk tujuan pertahanan kolektif atau untuk operasi respons krisis lainnya.

NRF memberi NATO sarana untuk merespons dengan cepat berbagai jenis krisis di mana pun di dunia. Ini juga merupakan mesin penggerak untuk transformasi militer NATO.

Inisiatif pembentukan NRF ini diumumkan NATO di KTT Praha pada November 2002. Konsepnya kemudian disetujui oleh seluruh menteri pertahanan NATO pada Juni 2003 di Brussels.

Pada KTT NATO di Riga November 2006, NRF dinyatakan siap sepenuhnya untuk melakukan operasi dan pada 21 Februari 2013, Menteri Pertahanan NATO setuju bahwa NRF akan menjadi inti dari Inisiatif Pasukan Terhubung untuk menjaga kesiapan dan efektivitas tempur NATO.

Baca Juga: 50 Ribu Orang Mengungsi Akibat Serangan Rusia ke Ukraina

NRF didasarkan pada sistem rotasi di mana negara-negara Sekutu melakukan unit darat, udara, maritim atau Pasukan Operasi Khusus (SOF) untuk jangka waktu 12 bulan. NRF juga terbuka untuk negara-negara mitra, setelah disetujui oleh Dewan Atlantik Utara.

Komando operasional NRF bergantian setiap tahun antara Komando Pasukan Gabungan Sekutu di Brunssum, Belanda dan Napoli, Italia.

Pada KTT Wales pada bulan September 2014, NATO memutuskan untuk meningkatkan NRF dan membentuk Satuan Tugas Gabungan Kesiapan Sangat Tinggi (VJTF), yang dapat dikerahkan dalam beberapa hari untuk menanggapi setiap tantangan yang mungkin muncul. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga