adplus-dvertising

Pertama Kali, Sultra Utus 20 Atlet ke Ajang Papernas XVI di Papua

Wa Ode Umratul Khazanah, telisik indonesia
Senin, 01 November 2021
559 dilihat
Pertama Kali, Sultra Utus 20 Atlet ke Ajang Papernas XVI di Papua

" Semoga dengan diutusnya atlet-atlet ini dapat memberi sumbangsih dalam mengharumkan nama daerah Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Sultra bakal utus 20 atlet penyandang disabilitas  untuk berlaga di Pekan Paralympik Nasional (Papernas) XVI 2021, yang akan berlangsung pada 2 - 15 November mendatang.  

Diketahui, Papernas adalah ajang kompetisi tahunan berskala nasional yang diperuntukan bagi para atlet penyandang disabilitas.

Pada perhelatannya yang ke-16, seperti halnya Pekan Olahraga Nasional (PON), Papernas 2021 akan diselenggarakan di Papua, dengan 12 cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan.


Sejumlah Cabor tersebut yaitu angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CP, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Untuk pertama kalinya, pada perhelatan ini, Sultra utus 20 atlet yang akan berlaga pada 5 cabang olahraga dengan total 62 nomor pertandingan, dengan rincian sebagai berikut:

1. Atletik sebanyak 17 atlet dengan 51 nomor pertandingan.

2. Bulu tangkis sebanyak 5 atlet dengan 5 nomor pertandingan.

3. Renang sebanyak 3 atlet dengan 6 nomor pertandingan.,

4. Tenis meja sebanyak 3 atlet dengan 3 nomor pertandingan.

5. Catur sebanyak 4 atlet dengan 4 nomor pertandingan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bakal Daftarkan 30 Pemain di Piala AFF 2020

Baca Juga: Peformanya di PSG Menurun, Messi Ingin Kembali ke Barcelona

Ketua Commite Paralympik Nasional (CNP), Kafarudin Bihu berharap, adanya partisipasi atlet atlet ini, dapat mengharumkan nama daerah di tingkat nasional.

"Semoga dengan diutusnya atlet-atlet ini dapat memberi sumbangsih dalam mengharumkan nama daerah Kendari," ujar Kafaridin, Senin (1/10/2021).

Untuk keberangkatan, akan dilangsungkan dalam 3 gelombang, yaitu gelombang pertama pada 2 November, gelombang ke-2 pada 5 Novemver, dan gelombang ke-3 pada 5 November mendatang.

Sebagai partisipasi pertama, tak ada jumlah target medali yang ditargetkan. Namun, Gubernur Sultra, H. Ali Mazi SH, berjanji akan memberi penghargaan bagi para atlet yang berhasil membawa pulang medali.

"Ya kan ini keberangkatan pertama untuk Sultra ya, tentunya kita berikan support dan spirit untuk mendapatkan medali," kata Ali Mazi.

Ali Mazi juga berharap melalui ajang ini, tidak hanya sebagai sarana meraih prestasi tapi juga sebagai ajang untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa. (B)

Reporter: Wa Ode Umratul Khazanah

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga