Perubahan Iklim, Spesies Penguin Kaisar Terancam Punah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 28 Oktober 2022
0 dilihat
Perubahan Iklim, Spesies Penguin Kaisar Terancam Punah
Penguin kaisar merupakan salah satu spesies penguin terbesar di dunia, masuk dalam daftar satwa yang terancam akibat perubahan iklim. Foto: Repro Okdogi.com

" Perubahan iklim yang terjadi beberapa tahun terakhir mengakibatkan beberapa spesies penguin terancam punah, salah satunya yaitu penguin kaisar "

KENDARI, TELISIK.ID - Perubahan iklim yang terjadi beberapa tahun terakhir mengakibatkan beberapa spesies penguin terancam punah, salah satunya yaitu penguin kaisar.

Penguin kaisar merupakan salah satu spesies penguin terbesar di dunia, masuk dalam daftar satwa yang terancam akibat perubahan iklim. Penguin kaisar yang mempunyai nama latin Aptenodytes Forsteri, termasuk jenis yang terbesar di antara famili penguin dengan tinggi badan mencapai lebih dari 1 meter dan bobot lebih 35 kg.

Melansir Sindonews.com, sebuah studi menyoroti ancaman yang akan segera terjadi terhadap kelangsungan hidup penguin kaisar (Aptenodytes forsteri). Ditemukan hingga 70% koloni penguin kaisar di Antartika dapat punah pada tahun 2050 jika tingkat kehilangan es laut saat ini terus berlanjut.

Diperkirakan 98 persen koloni dapat menghilang pada tahun 2100, membuat spesies ini tidak dapat pulih kembali. Temuan ini mendorong US Fish and Wildlife Service (USFWS) untuk mengusulkan perlindungan penguin kaisar di bawah Endangered Species Act (ESA).

Mengutip Livescience.com, USFWS secara resmi menyatakan penguin kaisar sebagai spesies yang terancam pada 25 Oktober 2022 lalu dan memperpanjang perlindungan mereka di bawah ESA.

Direktur USFWS, Martha Williams mengatakan, perubahan iklim memiliki dampak besar pada spesies di seluruh dunia. Daftar penguin kaisar berfungsi sebagai bel alarm tetapi juga panggilan untuk bertindak.

Baca Juga: Jeffrey Dahmer Diklaim Bukan Psikopat Walau Habisi Nyawa 17 Orang, Satu Hal Ini Jadi Pemicunya

“Daftar ini mencerminkan krisis kepunahan yang berkembang dan upaya ini untuk melestarikan spesies sebelum penurunan populasi menjadi tidak dapat diubah,”  dikutip dari Live science, Jumat (28/10/2022).

Jika manusia berhasil mengekang emisi karbon secara dramatis, populasi penguin kaisar global dapat berkurang sekitar 26 persen pada tahun 2050. Namun dalam skenario emisi karbon tinggi, populasi dapat turun lebih dari 50 persen dalam kerangka waktu yang sama.

Baca Juga: Fakta Musnahnya Kaum Sodom Kini Ditemukan Ilmuan

Perlindungan untuk penguin kaisar di bawah ESA berpotensi membantu meningkatkan spesies terhadap penurunan populasi. Laut Ross dan Weddell adalah benteng bagi spesies ini, dan populasi di daerah ini kemungkinan besar akan tetap stabil.

"Koloni penguin kaisar di Samudra Hindia, Samudra Pasifik Barat, Laut Bellingshausen dan Laut Amundsen diproyeksikan menurun lebih dari 90 persen karena mencairnya es laut,” kata USFWS.

Selain itu, agen federal AS harus memastikan proyek mereka tidak mengancam penguin atau habitatnya. Agen federal AS juga akan ditugaskan untuk mencegah perikanan industri dari menipisnya pasokan mangsa penguin. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga