Perumda Air Minum Tirta Sugi Laende Muna Berbenah Menuju Sehat

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 27 September 2024
0 dilihat
Perumda Air Minum Tirta Sugi Laende Muna Berbenah Menuju Sehat
Pjs Bupati Muna, Yuni Nurmalawati bersama Sekda, Eddy Uga dan Direktur Perumda Tirta Sugi Laende, Muhamad Nurhayat Fariki. Foto : Sunaryo/Telisik

" Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sugi Laende, Kabupaten Muna, terus melakukan perbaikan manajemen dan pelayanan "

MUNA, TELISIK.ID - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sugi Laende, Kabupaten Muna, terus melakukan perbaikan manajemen dan pelayanan.

Sejak dipimpin oleh Muhamad Nurhayat Fariki, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu telah mengubah kategori dari sakit menjadi kurang sehat.

Kategori kurang sehat itu didapat berdasarkan hasil evaluasi atau penilaian yang mencakup empat aspek yakni keuangan, pelayanan, operasional, dan sumber daya manusia.

Baca Juga: Pengusaha Jakarta Asal Muna Hadiahkan Sepatu ke Pelajar SMAN 1 Lohia Peserta Tri Lomba Juang

Direktur Perumda Air Minum Tirta Sugi Laende, Muhamad Nurhayat Fariki, menerangkan bahwa kategori kurang sehat bukan karena ketidakmampuan karyawan. Tetapi, ada hal-hal yang tidak bisa dijangkau. Salah satunya, adanya utang sebesar Rp 2,8 miliar yang sangat mengganggu kinerja.

Namun, menurut Nurhayat, utang tersebut sudah diatasi tahun 2023, setelah Plt Bupati, Bachrun Labuta, memberikan penyertaan modal.

Kini, dari enam rekomendasi BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, red), Perumda Air Minum Tirta Sugi Laende telah menuntaskan dua, sehingga berhasil mengubah kategori dari sakit menjadi kurang sehat.

Baca Juga: Pjs Bupati Yuni Nurmalawati Ternyata Anak Mantan Sekda Muna

“Tersisa empat rekomendasi yang perlahan kita selesaikan, sehingga nantinya dapat mendapatkan kategori sehat,” kata Nurhayat di sela-sela peringatan Maulid Nabi Muhammad, Jumat (27/9/2024).

Sementara itu, Pjs Bupati Muna, Yuni Nurmalawati, meminta Perumda Air Minum Tirta Sugi Laende terus memperbaiki manajemen dan pelayanan. Dia meminta BUMD itu menindaklanjuti rekomendasi BPKP.

“Tolong apa yang menjadi rekomendasi (BPKP) diperbaiki, sehingga kita bisa masuk kategori sehat,” pintanya. (B)

Penulis : Sunaryo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga