Perumda Pasar Kota Kendari Dinilai Tidak Becus Kelola Pasar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 04 Januari 2023
0 dilihat
Perumda Pasar Kota Kendari Dinilai Tidak Becus Kelola Pasar
Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan jika pengelolaan perumda pasar terhadap pasar tradisional tidak becus, bahkan hal tersebut juga sempat disoroti oleh beberapa kepala dinas. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Pengelolaan pasar yang akan dilakukan oleh Perumda Pasar Kota Kendari dinilai masih memiliki PR (pekerjaan rumah), pasalnya dalam pemaparan yang disampaikan oleh Direktur Utama Perumda Pasar Kota Kendari dengan realita yang ada di lapangan tak sesuai "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengelolaan pasar yang akan dilakukan oleh Perumda Pasar Kota Kendari dinilai masih memiliki PR (pekerjaan rumah), pasalnya dalam pemaparan yang disampaikan oleh Direktur Utama Perumda Pasar Kota Kendari dengan realita yang ada di lapangan tak sesuai.

Sorotan itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala yang mengungkapkan pasar yang dikelola oleh Perumda Kota Kendari diharapkan bisa membawa perubahan, baik pengelolaannya dan pengelolanya sendiri.

"Yang saya tangkap, mirip-mirip dia punya kasus bahwa ada yang sifatnya fasilitas umum tetapi kurang diurus, kalaupun sudah diurus, itu dialih fungsikan misalnya ada pos pengamanan tetapi dialih fungsikan dijual," tuturnya, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga: Kawasan Industri Terpadu Diharap Tingkatkan Ekonomi Kota Kendari

Sedangkan ruangan yang telah disiapkan untuk pedagang justru ditinggalkan oleh pedagang. Sekda melanjutkan hal itu terjadi karena manajemen pengelolaan yang tidak becus.

"Apalah gunanya kita berusaha untuk meningkatkan status pasar kita," lanjutnya.

Selain itu, sorotan tersebut juga datang dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari, Ali Aksa yang meragukan perumda pasar terhadap pengelolaan pasar yang ada di Kota Kendari.

"Kelihatannya begitu rapi pengamatan bapak, tapi saya belum melihat bagaimana kira-kira kerapian bapak untuk menyelesaikan persoalan ini," ungkapnya.

Baca Juga: HUT ke-192 Kota Kendari Angkat Budaya Lokal

Di sisi lain, Direktur Utama Perumda Pasar mengaku jika permasalahan pasar yang ada di Kota Kendari sendiri adalah permasalahan infrastruktur seperti bangunan, penataan parkir, serta pengelolaan pendapatan yang belum maksimal.

Ia mengaku pengelolaan parkir yang masih dilakukan oleh pihak ketiga. Ia yakin dengan pengelolaan yang akan dilakukan oleh Perumda Pasar Kota Kendari dengan cara saling mendukung.

Kegiatan itu dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Sekretaris Daerah Kota Kendari, dan beberapa OPD se-Kota Kendari bertempat di Ruang Pola Kantor Wali Kota Kendari. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga