Perupa Kendari Gelar Pameran, Kumpulan Anak Muda yang Resah

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 04 Maret 2024
0 dilihat
Perupa Kendari Gelar Pameran, Kumpulan Anak Muda yang Resah
Berangkat dari keresahan, kalimat itulah yang menggambarkan kumpulan anak muda yang tergabung dalam Perupa Kendari, yang akan menggelar pameran seni rupa. Foto: Ist.

" Berangkat dari keresahan, kumpulan anak muda yang tergabung dalam Perupa Kendari, akan menggelar pameran seni rupa di PKM Lantai II IAIN Kendari, 5-7 Maret 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Berangkat dari keresahan, kalimat itulah yang menggambarkan kumpulan anak muda yang tergabung dalam Perupa Kendari, akan menggelar pameran seni rupa di PKM Lantai II IAIN Kendari, 5-7 Maret 2024.

"Simbiosis Mutualisme" jadi tema dalam pameran kali ini. Berkolaborasi dengan UKM-Seni IAIN Kendari, menghadirkan beragam karya lukisan, sektsa, surialis, realis, abstrak dan beberapa jenis lain dari puluhan Perupa di Kota Kendari.

Ruang berekspresi yang kecil serta berkarya masih individual menjadi kegelisahan Perupa Kendari untuk membuat pameran seni rupa. Walau dengan segala keterbatasan, namun pameran ini seakan memberi sinyal langkah awal bahwa seni rupa di Kendari ada, terus ada dan akan ada selamanya.

Tak hanya itu, para peserta kegiatan dan tamu undangan juga bakal dihibur oleh penampilan dari berbagai lembaga-lembaga kesenian yang ada di Kota Kendari, seperti tarian, hingga musik akustik pun full band.

Pameran ini juga bakal memanjakan mata para pengunjung dan peserta dengan berbagi lukisan dari para pelukis ternama Kendari, seperti Eko Widakdo. Ikbal Saidin Akbar, selaku perupa Kendari mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi, edukasi, dan memberikan suguhan terbaik khususnya bidang seni rupa.

Baca Juga: Kenalkan Kebudayaan Sejak Dini, UPTD Taman Budaya Dikbud Sulawesi Tenggara Gelar Pameran Senjata Tradisional

"Sifat dasar kita berkolaborasi untuk saling menguatkan simpul-simpul lebih kuat serta bisa saling bergandeng tangan dan berbuat yang terbaik untuk salah satu bidang seni khususnya bidang seni rupa", katanya.

Ia juga mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan belasan perupa Kota Kendari yang memamerkan hasil karya terbaiknya.

"Totalnya ada 16 perupa yang sudah terkonfirmasi oleh kami dan sudah mengumpulkan karya-karyanya. Ada berbagai macam aliran, ada abstrak, realis, instalasi dan lainnya," lanjutnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan minat perupa Kota Kendari agar selalu eksis. Melalui Art Exhibition ini dapat berkelanjutan dan pemerintah juga bisa menghadirkan galeri rupa di Kota Kendari.

Baca Juga: Festival Wirausaha UHO Kendari jadi Pameran Kreativitas Mahasiswa

Senada dengan itu, Samurni, Kepala Bidang (Kabid) Seni Rupa UKM Seni IAIN Kendari mengatakan, kegiatan ini berkolaborasi dengan perupa Kendari untuk saling bergandeng tangan dan berbuat bersama-sama dalam mendorong peningkatan kesenian di bidang seni rupa.

"Kegiatan kolaborasi ini bisa saling bergandeng tangan dan bekerja sama- sama serta memberikan ruang aspirasi perupa untuk memamerkan hasil karya terbaiknya, hal ini bisa mendorong peningkatan kesenian khususnya di bidang seni rupa," katanya.

Samurni berharap kegiatan yang berkolaborasi dengan perupa Kendari ini, dapat mewujudkan dan mendorong peningkatan kesenian utamanya di bidang seni rupa. (B)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga