Perusahaan Diminta Buka Lowongan Kerja untuk Penyandang Disabilitas

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 18 November 2021
0 dilihat
Perusahaan Diminta Buka Lowongan Kerja untuk Penyandang Disabilitas
Wali Kota Medan, Bobby Nasution ketika dalam kegiatan Job Fair di Kampus LP31 Mesan. Foto: Humas Pemko Medan

" Wali Kota Medan Bobby Nasution akan menyediakan lowongan kerja bagi penyandang disabilitas "

MEDAN, TELISIK.ID - Wali Kota Medan Bobby Nasution akan menyediakan lowongan kerja bagi penyandang disabilitas.

Hal tersebut terungkap dalam Job Fair Kota Medan yang digelar di Halaman Kampus LP31 di Jalan Sei Serayu Medan, pada Rabu (17/11/2021).

"Dalam setiap pertemuan dengan penyandang disabilitas, saya senantiasa mendapat curhatan bahwa disabilitas sulit dalam mencari pekerjaan. Untuk itulah, kita akan sediakan lapangan pekerjaan untuk penyandang disabilitas," kata Bobby.

Suami Kahiyang Ayu ini menyediakan sebanyak 1.449 lowongan pekerjaan dari 27 perusahaan dengan 94 jabatan. Selain itu, ada lowongan khusus untuk penyandang disabilitas.

"Perusahaan swasta hendaknya menyiapkan 1 persen posisi kerja untuk disabilitas. Sedangkan BUMN dan pemerintahan menyiapkan 2 persen untuk disabilitas.

Saya senang perusahaan yang ikut dalam job fair ini menyiapkan lowongan untuk disabilitas. Saya ucapkan terimakasih,” ungkap Bobby.

Selain itu, orang nomor satu di Pemerintah Kota Medan ini juga membahas kondisi perekonomian yang terganggu akibat wabah COVID-19. Kondisi itu membuat tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan

Dengan dibukanya Job Fair ini, diharapkan bisa menjadi pemicu bagi para pencari kerja untuk bisa kembali memotivasi dirinya. Sebab, pada masa pandemi ini banyak yang membutuhkan pekerjaan.

Di samping itu, selama pandemi ini, banyak juga kegiatan berubah dari yang sebelumnya langsung sekarang menjadi virtual menggunakan digitalisasi.

"Mudah-mudahan kita bisa beradaptasi dan harus bisa mengalihkan momentum untuk mendigitalisasikan kemampuan kita,” katanya.

Baca Juga: Tahun 2022, Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp 2.714,2 Triliun

Bobby juga mengajak perusahaan berinvestasi di Kota Medan. Pemko Medan pun bakal memperbaiki berbagai lini agar mempermudah investasi di Kota Medan.

“Apa kekurangan Pemkot Medan, sama-sama kita perbaiki agar iklim investasi di Kota Medan semakin baik ke depannya, sehingga bisa menumbuhkan banyak lapangan pekerjaan. Kepada para pencari kerja, gali terus kemampuan potensi dirinya masing-masing. Kesempatan seperti ini harus kita manfaatkan untuk mencapai cita-cita kita kedepannya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Hannalore Simanjuntak mengaku, pemerintah terus berusaha untuk menurunkan angka pengangguran di Kota Medan yang meningkat akibat pandemi COVID-19.

"Untuk itulah selama 5 hari kedepan Pemko Medan menggelar Virtual Job Fair Kota Medan di halaman Kampus LP31 ini. Seluruh lowongan dan lamaran pekerjaan antara perusahaan dan pencari kerja dapat diakses melalui website dengan alamat jobfair.pemkomedan.go.id," ungkapnya.

Dia juga mengaku ada lowongan kerja khusus untuk penyandang disabilitas. Di website yang telah disediakan tertera syarat dan ketentuannya.

Baca Juga: Sri Mulyani Proyeksi Pemulihan Ekonomi Kuartal IV Meningkat Cukup Kuat

Diharapkan virtual job fair dapat membantu seluruh masyarakat kota Medan yang kehilangan pekerjaan dimasa pandemi untuk segera mendapatkan pekerjaan.

"Bagi masyarakat Kota Medan yang ingin melamar, dapat memenuhi persyaratan, salah satunya memiliki kartu pencari kerja (ak 1) dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan," ungkapnya. (B)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga