Perusahaan Italia Gagas Konsep Pemakaman Baru, Ubah Mayat Jadi Pohon

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 07 Februari 2024
0 dilihat
Perusahaan Italia Gagas Konsep Pemakaman Baru, Ubah Mayat Jadi Pohon
Konsep pemakaman ini akan mengubah mayat menjadi pohon. Jenis pemakaman ini dianggap lebih berguna dan ramah lingkungan ketimbang batu nisan. Foto: Uthkg.com

" Saat seseorang meninggal dunia, biasanya jasad akan dimakamkan ataupun di kremasi sesuai tradisi dan agama masing-masing. Namun, apakah pernah terlintas di pikiran Anda pemakaman dengan konsep unik? Seperti konsep pemakaman yang satu ini "

ROMA, TELISIK.ID - Saat seseorang meninggal dunia, biasanya jasad akan dimakamkan ataupun di kremasi sesuai tradisi dan agama masing-masing. Namun, apakah pernah terlintas di pikiran Anda pemakaman dengan konsep unik? Seperti konsep pemakaman yang satu ini.

Konsep pemakaman ini akan mengubah mayat menjadi pohon. Jenis pemakaman ini dianggap lebih berguna dan ramah lingkungan ketimbang batu nisan.

Konsep pemakaman organik ini digagas oleh oleh perusahaan asal Italia Capsula Mundi.

Dilansir dari Inews.id, The Capsula Mundi merupakan sebuah proyek desainer Anna Citelli dan Raoul Bretzel yang telah mengembangkan pemakaman dalam bentuk kapsul yang nantinya sisa tubuh tersebut akan menjadi nutrisi untuk pohon yang akan tumbuh.

Baca Juga: Gelisah Putri Cantiknya Tak Punya Pasangan, Ayah Ini Tawarkan 300 Babi jika Mau Nikahi Anaknya

Jasad orang yang sudah meninggal disimpan di dalam kapsul yang berbentuk mirip dengan telur. Kemudian kapsul akan dikubur di dalam tanah bersama dengan benih pohon. Pihak keluarga tentunya diperbolehkan memilih benih pohon yang akan ditanam.

Dikutip Liputan6.com, dari pemakaman organik ini akan mengubah pemakaman batu nisan menjadi hutan dan perusahaan mengklaim konsep baru ini lebih bermanfaat untuk kehidupan makhluk hidup di sekitarnya.

Baca Juga: Viral, Perempuan Ini Ceraikan Suami Gegara Jarang Mandi hingga Dituntut Bayar Rp 250 Juta

Proses penguburan dari inovasi mereka, memasukan jasad ke dalam kapsul berebentuk telur yang di atasnya terdapat bibit pohon. Fungsi kapsul juga mempermudah proses pembusukan jasad.

"Tujuan dari inovasi Capsula Mundi mengubah lahan pemakaman menjadi hutan," tulis kedua inovator pada halaman utama situs pribadi mereka.

Inovasi lainnya seperti Bios Urn, yakni menaruh abu manusia (jasad) bersamaan dengan bibit pohon. Abu dari manusia bisa menjadi sumber yang baik untuk menyuburkan bibit tanaman.

Mengingat semakin padatnya penduduk dan sedikitnya lahan untuk pemakaman, beberapa inovasi tersebut bisa menjadi salah satu alternatif cara pemakaman sekaligus upaya penghijuan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga