Perwakilan Sulawesi Tenggara Terpilih Sebagai Duta Wisata Indonesia 2022

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 21 November 2022
0 dilihat
Perwakilan Sulawesi Tenggara Terpilih Sebagai Duta Wisata Indonesia 2022
Diandra Fajriansyah Azis dan Wa Ode Mutmainah, perwakilan Sulawesi Tenggara di ajang pemilihan Duta Wisata Indonesia 2022. Foto: Ist.

" Diandra Fajriansyah Azis dan Wa Ode Mutmainah perwakilan Sulawesi Tenggara, menjadi pemenang Duta Wisata Indonesia 2022 "

TARAKAN, TELISIK.ID - Perwakilan Duta Wisata Sulawesi Tenggara berhasil meraih juara 1 pada grand final Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2022 di Convention Hall Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Minggu (20/11/2022) malam.

Diandra Fajriansyah Azis dan Wa Ode Mutmainah perwakilan Sulawesi Tenggara, akhirnya resmi menyandang gelar Duta Wisata Indonesia 2022.

Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2022 diikuti oleh 11 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan tujuan sebagai ambassador wisata Indonesia hingga tahun 2023 nanti.

Saat tampil, Diandra mengenakan pakaian adat khas Muna dengan nama Balaha Dhadha, sementara Mutmainah juga mengenakan pakaian adat Muna yang bernama Kabhantapi.

Saat mempresentasikan makna pakaian adat yang mereka kenakan, Diandra dan Mutmainah bergantian menjelaskan makna dari pakaian adat yang mereka gunakan masing-masing.

Baca Juga: Ibu Negara Iriana Disebut Pembantu saat Foto Bersama Istri Presiden Korsel, Ini Respon Kaesang

"Pakaian adat yang dikenakan Mutmainah adalah Kabhantapi yang berasal dari Muna, Sulawesi Tenggara," ucap Diandra.

Penyerahan hadiah dan penghargaan kepada perwakilan Sulawesi Tenggara sebagai pemenang Duta wisata Indonesia 2022. Foto: Tangkapan layar YouTube

 

Diandra menjelaskan, baju yang digunakan didominasi warna kuning dan biru. Warna kuning melambangkan bahwa suku Muna sangat menjunjung tinggi rasa kebersamaan dan rasa kemanusiaan. Sedangkan warna biru menandakan bahwa Muna dikelilingi oleh lautan yang sangat luas.

"Pakaian yang dikenakan Diandra merupakan Balaha Dhadha, pakaian adat Muna, di mana suku Muna merupakan salah satu etnis terbesar yang ada di Sulawesi Tenggara yang memiliki makna kesempurnaan yang dimiliki seluruh lelaki Muna," ucap Mutmainah.

Baca Juga: Ngerinya Tas Nuklir Presiden Amerika, Hitungan Menit Dunia Kiamat

Usai presentasi pakaian adat dari masing-masing daerah peserta, Sulawesi Tenggara berhasil masuk enam besar bersama Daerah Istimewa Yogyakarta, Riau, Aceh, Kalimantan Timur, dan  Kalimantan Utara.

Finalis 6 besar Duta Wisata Indonesia 2022 kemudian masuk ke babak tanya jawab untuk langsung memperebutkan juara 1-6 pada ajang tersebut. Duta Sulawesi tenggara mendapat pertanyaan seputar fasilitas penerbangan langsung dari daerah ke ibu kota negara.

Setelah diumumkan, Sulawesi Tenggara berhasil keluar sebagai pemenang pada ajang tersebut setelah berhasil mengalahkan tuan rumah Kalimantan Utara. Sulawesi Tenggara berhak menjadi Duta Wisata Indonesia 2022, sementara Kalimantan Utara menjadi wakil 1 Duta Wisata Indonesia 2022. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga