Pesan Lukman Abunawas pada Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 06 September 2023
0 dilihat
Pesan Lukman Abunawas pada Pj Gubernur Sulawesi Tenggara
Lukman Abunawas berharap Pj Gubernur Sulawesi Tenggara dapat melanjutkan program-program kerja yang belum terealisasi dan dilaksanakan, terutama di bidang infrastruktur jalan. Foto: Ist.

" Andap Budhi Revianto resmi menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian di Sasana Bhakti Praja (SBP) Gedung Kemendagri, Selasa (5/9/2023) kemarin "

KENDARI, TELISIK.ID - Andap Budhi Revianto resmi menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian di Sasana Bhakti Praja (SBP) Gedung Kemendagri, Selasa (5/9/2023) kemarin.

Mantan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas berharap, Pj gubernur dapat melanjutkan program-program kerja yang belum terealisasi dan dilaksanakan terutama di bidang infrastruktur jalan, program internal birokrasi lingkup pemerintah provinsi, penataan personalia yang harus sesuai basic dan standar Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Tingkatkan program 5 pilar, Sulawesi Tenggara sehat, cerdas, peduli kemiskinan, beriman dan berbudaya, dan Sulawesi Tenggara tertib dan produktif,” ujar Lukman, Rabu (6/9/2023).

Baca Juga: Pemprov Gelar Pisah Sambut Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Jumat Mendatang

Ketua DPW PDIP Sulawesi Tenggara itu menjelaskan, program 5 pilar itu pertama, Sulawesi Tenggara sehat di bidang pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat kurang mampu dan peningkatan sarana prasarana kesehatan serta penurunan stunting di seluruh kabupaten/kota. Ke dua, Sulawesi Tenggara cerdas di bidang pendidikan beasiswa dan dana bantuan penyelesaian studi. Ke tiga, Sulawesi Tenggara peduli kemiskinan dengan bedah rumah yang tidak layak huni, pemberian modal usaha bagi masyarakat miskin.

Ke empat, Sulawesi Tenggara beriman dan berbudaya dengan peningkatan kualitas sarana ibadah serta pengembangan sarana dan prasarana adat budaya lokal. Ke lima, Sulawesi Tenggara yang tertib dan produktif dengan pemantapan disiplin ASN dan OPD untuk pelayanan masyarakat juga peningkatan usaha produktif di bidang pertanian dan perkebunan, kelautan dan perikanan, sarana dan prasarana transportasi yang memadai untuk kesejahtraan masyarakat.

Baca Juga: Jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Punya Banyak PR dari Ali Mazi

Sementara itu, pengamat politik Sulawesi Tenggara, Najib Husain mengatakan, dengan kondisi yang dihadapi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara saat ini, dia mampu memfungsikan keberadaan anggota legislatif untuk bersama-sama mengevaluasi segala program kerja yang ditinggalkan oleh kepemimpinan sebelumnya. Apakah program kerja itu dilanjutkan atau tidak dengan melihat asas kemanfaatannya.

“Ada beberapa program yang bisa dialihkan kepada program yang lebih bermanfaat seperti perbaikan jalan di beberapa daerah, seperti jalanan di Buton Utara, Konawe Selatan. Sehingga beberapa program kerja yang tidak terlalu mendesak dan masih bisa menggunakan apa yang ada saya pikir itu tidak perlu ditindak lanjuti,” jelas Najib. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga