adplus-dvertising

Pesawat Pengangkut WNI dari Ukraina Tiba di Tanah Air

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 03 Maret 2022
371 dilihat
Pesawat Pengangkut WNI dari Ukraina Tiba di Tanah Air
Ilustrasi pesawat tiba di bandara. Foto: Repro AP

" Ribuan warga Ukraina, termasuk warga asing dari Indonesia meninggalkan rumahnya di negara tersebut. Hal itu dilakukan setelah adanya invasi dari Rusia "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ribuan warga Ukraina, termasuk warga asing dari Indonesia meninggalkan rumahnya di negara tersebut. Hal itu dilakukan setelah adanya invasi dari Rusia.

Untuk mengantisipasi adanya korban dari invasi Rusia terhadap Ukraina, Pemerintah Indonesia bertindak cepat memulangkan warga negara Indonesia (WNI) ke tanah air.

Melansir cnnindonesia.com, evakuasi WNI di Ukraina pertama dilakukan pada Sabtu (26/2/2022). Sebanyak 25 WNI dievakuasi dari Odessa dan tiba di Bucharest pada Minggu (27/2/2022).


Setelah itu, 6 WNI dan 1 WNA yang merupakan anggota keluarga warga Indonesia tersebut dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow, Polandia, pada Minggu (27/2/2022). Empat WNI di Ternopil, Lviv juga berhasil dievakuasi ke Polandia di hari yang sama.

Lalu pada Senin (28/2/2022), 59 WNI yang berada di Kiev berhasil dievakuasi ke Bucharest Rumania menggunakan jalur darat.

Evakuasi dilakukan setelah militer Rusia menggempur sejumlah wilayah di Ukraina sejak Kamis (24/2/2022).

Baca Juga: Diserang Rusia, Warga Ukraina Jadi Pengungsi Terbesar di Abad 21

Terbaru, pesawat yang mengevakuasi 83 orang WNI asal Ukraina tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (3/3/2022).

Dari laporan petugas setempat di Instagram @imigrasi.seokarnohatta, pesawat tersebut mendarat sekitar pukul 17.14 WIB. Mereka langsung disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan sejumlah pejabat terkait.

Sejumlah WNI dievakuasi dari Ukraina untuk menghindari gempuran Rusia. Mereka dipulangkan ke Jakarta dari Rumania pada Selasa (2/3/2022).

Baca Juga: Aturan JHT Hanya Boleh Cair Usia 56 Tahun Batal, Jokowi Dua Kali Berubah Pikiran

Salah satu staf Kedutaan Besar RI untuk Ukraina, Ludi Budianto, mengatakan, kloter pertama WNI tersebut diberangkatkan dari Bucharest menggunakan penerbangan khusus.

"Dari Bucharest jam 15.40 via Madinah, ke Soekarno Hatta," ujar Ludi, dikutip dari CNN Indonesia TV.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga