adplus-dvertising

Pesawat Tempur Milik TNI AU di Muna tak Terurus

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 08 Maret 2021
5387 dilihat
Pesawat Tempur Milik TNI AU di Muna tak Terurus
Lima orang berpose di atas sayap pesawat tempur. Foto: Ist.

" Saya sangat prihatin, harusnya pesawat itu dijaga, bukan malah ditelantarkan begitu. "

MUNA, TELISIK.ID - Kondisi pesawat tempur latih Hawk MK-53 milik TNI Angkatan Udara (AU) yang diabadikan di Lapak Kuliner, Kabupaten Muna, mulai tak terurus dan terawat.

Badan pesawat dipenuhi coretan-coretan.  Parahnya lagi, telah beredar foto di media sosial (Medsos) Facabook (FB), empat orang perempuan dan seorang lelaki berpose di atas sayap pesawat yang dianggap bisa merusak. Foto tersebut menjadi viral.

Marsekal Muda TNI (Purn) Barhim prihatin melihat kondisi pesawat yang sudah tidak terurus lagi. Katanya, tidak mudah suatu daerah mendapatkan pesawat tempur.


Baca juga: Penanaman Jati Diyakini Mampu Tingkatkan Perekonomian

"Saya sangat prihatin, harusnya pesawat itu dijaga, bukan malah ditelantarkan begitu," kesal Barhim.

Purnawirawan Jenderal Bintang Dua itu yang mendatangkan pesawat di Muna pada tahun 2017 lalu. Kala akan pensiun, Barhim mengusulkan ke Mabes TNI untuk bisa mendapatkan pesawat yang pernah diawakinya itu.

"Saya meminta pesawat itu untuk dijadikan icon di Muna," ujar putra kelahiran Muna 8 Mei 1960 itu.

Pesawat tempur yang ada di Muna itu merupakan buatan Inggris. Terakhir tercatat sebagai aset skuadron teknis 042 Lanud Iswahyudi Jawa Timur yang melakukan penerbangan pertamakali di Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta pada 1980. Sejak 1985, pesawat tersebut dipindahkan ke Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga