Peserta Membludak, Fakultas Ilmu Budaya UHO Perpanjang Vaksinasi

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Selasa, 28 September 2021
0 dilihat
Peserta Membludak, Fakultas Ilmu Budaya UHO Perpanjang Vaksinasi
Hari pertama vaksinasi COVID-19 di Fakultas Ilmu Budaya UHO bekerja sama dengan Korem 143 HO. Foto: Apriliana Suriyanti/Telisik

" Selain membawa KTP, peserta juga diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya UHO bekerja sama dengan Korem 143 HO, diperpanjang hingga dua hari akibat membludaknya jumlah peserta.

Ketua panitia pelaksana, La Janu, S.Sos, M.A., menuturkan bahwa pelaksanaan vaksinasi pada awalnya direncanakan hanya berlangsung satu hari, yakni pada Senin (27/9/2021).

"Awalnya kami target satu hari, ini sebagaimana surat permintaan yang kami layangkan ke pihak Korem. Setelah mendapatkan konfirmasi, pihak Korem mengatakan akan menyediakan dosis vaksin dengan jumlah banyak, sehingga akan dilaksanakan vaksinasi lebih dari satu hari jika diperlukan," jelas La Janu.

Tidak hanya civitas akademika lingkup Fakultas Ilmu Budaya UHO, peserta vaksinasi COVID-19 juga didominasi oleh masyarakat umum. Hal ini tentu saja dikarenakan oleh mudahnya persyaratan mengikuti vaksinasi tersebut.

Selain membawa KTP, peserta juga diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan.

Membludaknya peserta vaksinasi pada hari pertama mendapat apresiasi dari Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Akhmad Marhadi, S.Sos, M.Si.

"Alhamdulillah, dari pantauan kami, kegiatan vaksinasi di Fakultas Ilmu Budaya berjalan lancar. Peserta mencapai kurang lebih 500 orang. Mulai dari mahasiswa, dosen, staf, masyarakat umum, bahkan ada beberapa pejabat-pejabat UHO yang melakukan vaksinasi tahap keduanya di sini," ucap Akhmad Marhadi pada Telisik.Id.

Baca Juga: Kemendagri Nilai Penataan Kelembagaan Pemerintah di Sultra Berkategori Sangat Tinggi

Baca Juga: Rangkaian Peringatan Harganas 2021, Sultra Borong Penghargaan

Menurutnya, melihat kondisi Kota Kendari yang berangsur menjadi zona hijau, menandakan bahwa vaksinasi ini sangat efektif.

Tidak hanya itu, terlaksananya vaksinasi ikut menyumbang dampak baik terhadap mitigasi penyebaran COVID-19 khususnya di lingkungan UHO. Hal ini juga akan menjadi syarat dilaksanakannya perkuliahan tatap muka di Fakultas Ilmu Budaya UHO.

"Sesuai instruksi Menteri Pendidikan, kegiatan vaksinasi ini menjadi syarat pelaksanaan perkuliahan tatap muka, dengan persentase 70% mahasiswa dan tenaga pendidik sudah menerima vaksinasi," ungkapnya.

Tingginya animo mahasiswa dan tenaga pendidik untuk mendapatkan vaksinasi membuat panitia pelaksana kewalahan pada hari pertama. Sehingga vaksinasi dilanjutkan hingga hari ini, Selasa (28/9/2021), di kampus Fakultas Ilmu Budaya UHO. (B)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga