adplus-dvertising

Pesona Eksotis Gua Watuburi Bombana yang Merupakan Situs Prasejarah

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Jumat, 09 Desember 2022
466 dilihat
Pesona  Eksotis Gua Watuburi Bombana yang Merupakan Situs Prasejarah
Pemandangan Gua Watuburi yang merupakan situs prasejarah di Kabupaten Bombana. Foto: Internet

" Tidak ada yang lebih menarik di banding rasa penasaran wisatawan terhadap destinasi wisata Gua Watuburi sebagai salah satu peninggalan prasejarah manusia zaman purba, penampakan Gua Watuburi yang eksotis ini ternyata menyimpan sejumlah keindahan sekaligus misteri di dalamnya "

BOMBANA, TELISIK.ID - Tidak ada yang lebih menarik di banding rasa penasaran wisatawan terhadap destinasi wisata Gua Watuburi sebagai salah satu peninggalan prasejarah manusia zaman purba, penampakan Gua Watuburi yang eksotis ini ternyata menyimpan sejumlah keindahan sekaligus misteri di dalamnya.

Gua Watuburi terletak di Pulau Kabaena tepatnya di bagian Barat Desa Lengora, Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana, ternyata berasal dari kata watu yang berarti batu dan buri yang berarti tulis. Ketika wisatawan berkunjung ke Gua Watuburi, maka mereka akan menemukan sejumlah goresan tulisan di batu maupun di dinding gua.

Pahatan burung Kakaktua bertengger di dinding Gua Watuburi. Foto: Screenshot Youtube

 


Selain tulisan-tulisan tersebut, wisatawan juga akan menemukan lukisan, juga pahatan yang di antaranya terdapat gambar beberapa orang sedang mendayung perahu, ada juga sejenis pahatan burung Kakatua bertengger di pinggir dinding gua. Ada pula arca manusia berjenis kelamin perempuan.

Baca Juga: Pantai Tanjung Tabako jadi Destinasi Wisata Favorit Masyarakat Bombana

Baca Juga: Danau Laponu-ponu Bak Mutiara Tersembunyi di Kabupaten Bombana

“Ada beberapa keunikan dari Gua Watuburi ini, salah satunya yaitu terdapat batu yang bisa tumbuh dan pintu yang dapat mengeluarkan angin tanpa diketahui sumber anginnya berasal dari mana, juga batu yang mengeluarkan air. Tempat ini memang terkenal dengan mitos dan mistisnya,” ujar seorang wisatawan Gua Watuburi, Fazrul, Jumat (9/12/2022).

Pesona di dalam Gua Watuburi disinari cahaya matahari. Foto: Instagram

 

Konon katanya, Gua Watuburi merupakan bekas kerajaan, kemudian gua tersebut akhirnya dijadikan tempat bertapa untuk para petuah. Setelah hilangnya adat bertapa tersebut, Gua Watuburi kemudian dijadikan sebagai tempat isolasi untuk mereka yang terkena wabah penyakit. Barulah sekarang Gua Watuburi dijadikan destinasi wisata.

“di dalamnya terdapat tempat pertapaan, juga ada sebuah ruangan kamar peristirahatan lengkap dengan tempat tidur dan perabot yang semuanya terbuat dari batu,” ungkap warga setempat, Anggun.

Untuk sampai ke destinasi wisata Gua Watuburi, membutuhkan waktu perjalanan selama 4 jam dari Ibu Kota Bombana melalui jalur darat dan juga jalur laut, ketika sampai di sana wisatawan akan menaiki tangga untuk dapat mencapai gua tersebut. (B)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga