Pesona 6 Destinasi Wisata Hadiah Kemenangan Greysia dan Apriyani, Salah Satunya Wakatobi

Nina Nurrahmah, telisik indonesia
Sabtu, 14 Agustus 2021
0 dilihat
Pesona 6 Destinasi Wisata Hadiah Kemenangan Greysia dan Apriyani, Salah Satunya Wakatobi
Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Foto: Repro Instagram @amalhermawan

" Kemenparekraf menghadiahkan wisata ke 5 destinasi super prioritas ditambah Wakatobi, karena Sulawesi Tenggara adalah tanah kelahiran Apriyani. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Kemenangan Greysia dan Apriyani yang sukses meraih medali emas dalam Olimpiade Tokyo di cabang badminton turut diapresiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kemenparekraf menghadiahkan wisata ke 5 destinasi super prioritas ditambah Wakatobi, karena Sulawesi Tenggara adalah tanah kelahiran Apriyani.

“Kami akan memberikan hadiah kepada Greysia dan Apriyani dalam rangka kunjungan mereka ke lima destinasi super prioritas (DSP),” ujar Menteri Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing, Senin (2/8/2021) lalu.

“Adapun pemberian hadiah tersebut, dilakukan setelah situasi pandemi COVID-19 di Indonesia aman dan terkendali," kata Kepala Bagian Humas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Djoko Waluyo.

Enam destinasi wisata itu adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Likupang di Sulawesi Utara, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Borobudur di Jawa Tengah dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur serta Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Berikut Pesona dari 6 destinasi wisata yang menjadi hadiah kemenangan Greysia dan Apriyani di Olimpiade Tokyo:

 

Danau Toba, Samosir. Foto: Repro Instagram @danau_tobasamosir

 

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia.

Danau Toba memiliki luas lebih kurang 1.145 kilometer persegi serta kedalaman 450 meter.

Setiap wisatawan yang berkunjung kesini dapat menikmati kegiatan berkayak atau naik sampan dengan memilih tiga jenis rute jelajah danau Tongging-Silalahi, Tongging-Samosir atau Lingkaran Utara.

Selain itu pengunjung juga bisa menikmati suasana udara yang sejuk di Danau Toba lewat kegiatan glamping (kemah mewah) di The Caldera Toba Nomadic Escape yang terletak di Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir.

 

Pantai Pulisan, Likupang. Foto: Repro Instagram @likupang_tourism

 

2. Likupang, Sulawesi Utara

Likupang menjadi primadona baru di Sulawesi Utara yang menawarkan banyak sekali keindahan. Mulai dari wisata pantai hingga alam perbukitan dapat dinikmati di sini.

Lima destinasi di Likupang yang menarik untuk dikunjungi di antaranya ada Pulau Lihaga yang terkenal dengan spot diving dan pantai berwarna putih kecoklatan berpadu dengan perairan biru jernih dengan gradasi warna kehijauan.

Kemudian ada Pantai Paal yang berpasir putih selembut sutera berbalut perbukitan yang eksotis.

Lalu ada Pantai Pulisan dengan keindahan gua lautnya di sekitar pantai serta Bukit Pulisan yang pesonanya tak kalah dengan bukit-bukit cantik yang ada di Lombok.

Kamu juga bisa mengunjungi rumah apung yang ada di tengah-tengah laut. Selanjutnya ada Pulau Gangga yang menjadi salah satu spot diving incaran wisatawan.

Terakhir ada desa Ekowisata Bahoi yang menawarkan spot hutan mangrove dengan jembatan dibuat mengikuti arah pertumbuhan mangrove.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata di Koltim Ini Cocok Jadi Pilihan Mengisi Liburan

Baca juga: Desa Wisata Palahidu Barat Binongko, Tawarkan Atraksi Wisata Unik

Baca juga: Pesona Atraksi Budaya 4 Desa Wisata di Pulau Wangi-Wangi 

 

Pantai Kuta Mandalika. Foto: Repro Istagram @sunuy_alayyubbi

 

3. Mandalika di Nusa Tenggara Barat

Mandalika, sebuah daerah yang berada di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini memiliki keindahan yang alami.

Mandalika dikenal dengan wisata pantai dan laut yang cantik karena wilayahnya berada tepat menghadap ke Samudera Hindia.

Mandalika menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau.

Mandalika memiliki banyak potensi pariwisata yang dapat dinikmati, seperti wisata pantai Kuta dan tanjung Aan tempat wisatawan dapat melakukan snorkeling dan berselancar.

Selain itu sirkuit Mandalika Lombok adalah sirkuit jalanan balap internasional yang dibangun untuk menjadi tuan rumah balap motor kelas dunia, MotoGP 2021 di Mandalika.  

Kawasan hiburan dan olahraga yang terintegrasi di tengah sirkuit akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke MotoGP.

 

Taman wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah. Foto: Repro Instagram @h_sitinurul

 

4. Borobudur di Jawa Tengah

Candi Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia. Selain menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadah bagi penganut agama Budha.

Candi Borobudur memiliki 10 tingkat yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar. 3 tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya.

Di setiap tingkat terdapat beberapa stupa. Seluruhnya terdapat 72 stupa selain stupa utama.

"Didalam kawasan Taman Wisata Candi Borobudur wisatawan bisa keliling taman menggunakan golf car, sewa sepeda, audio visual, foto both menggunakan pakaian adat jawa, memberi makan gajah/interaksi dengan gajah, atraksi interaktif samudra raksa, museum Borobudur, menikmati hijaunya landscape Borobudur sambil keliling dengan andong," jelas Operation Manager Borobudur, Zulfiana, Jumat (13/8/2021).

Selain itu di luar kawasan Borobudur ada desa-desa yang menarik untuk dikunjungi. Masing-masing punya tema tersendiri.

Zukfiana melanjutkan bahwa ada svargabhumi, ada rumah camera, gallery dan art shop, coffee workshop, kuliner khas Borobudur seperti ikan beyong & snerek, ada juga craft workshop, dan seterusnya yang bisa kamu cek di www.balkondesborobudur.com.

 

Labuan Bajo. Foto: Repro Instagram @labuanbajo_trip

 

5. Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Destinasi wisata ini memiliki bentang alam yang indah dan memikat, mulai dari bukit hingga laut yang eksotis.

Salah satu wisata Labuan Bajo yang sering dikunjungi adalah Pulau Padar. Pulau ini menyajikan pesona bukit indah yang dikelilingi dengan laut biru yang cantik.

Selain itu ada juga pantai pink. Pantai ini memiliki pasir berwarna pink atau merah muda yang tercipta dari foraminifera, hewan berukuran mikroskopis yang memiliki pigmen merah.

Lalu ada Pulau Komodo. Dengan berkunjung ke Pulau Komodo, wisatawan dapat melihat langsung hewan langka itu dari dekat.  

Selanjutnya ada Gua Rangko yang menyuguhkan panorama kolam biru jernih yang dihiasi dengan stalaktit indah di sekitarnya.

6. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Oleh karena Apriyani lahir di Sulawesi Tenggara, maka Wakatobi menjadi destinasi wisata yang juga masuk dalam list hadiah kemenangan Apriyani dan Greysia.

Wakatobi atau dikenal juga dengan surga nyata bawah laut di pusat segitiga karang dunia, menjadi salah satu destinasi wisata bahari bagi para pecinta laut.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Wakatobi bisa ikut mengunjungi 4 pulau di Wakatobi yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Di Wakatobi, para wisatawan akan disuguhi langsung dengan hamparan laut berwarna biru jernih dan pasir putih serta menyaksikan jenis karang di dunia dan lebih dari 942 spesies ikan. (A)

Reporter: Nina Nurrahmah

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga