adplus-dvertising

Pesona Desa Wisata Sombano di Wakatobi yang Raih Juara Trisakti Tourism Award 2021

Nina Nurrahmah, telisik indonesia
Sabtu, 28 Agustus 2021
2483 dilihat
Pesona Desa Wisata Sombano di Wakatobi yang Raih Juara Trisakti Tourism Award 2021
Danau Sombano, Kaledupa. Foto: Repro Instagram @amalhermawan

" Selain keindahan alam yang luar biasa, desa wisata Sombano juga memiliki komoditi lokal yang dibuat sedemikian rupa untuk diperdagangkan mulai dari hasil perkebunan serta hasil laut. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Desa wisata Sombano yang berlokasi di Pulau Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, berhasil menyabet juara dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021 sebagai desa wisata alam dan desa wisata recreational.

“Desa wisata Sombano diikutkan dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021 karena desa ini memiliki potensi wisata yang sangat banyak. Mulai dari bentang alam, pasir pantai terluas, danau terpanjang, habitat udang merah, atraksi budaya, agrowisata, aktivitas usaha nelayan, homestay wisata, dan kuliner khas Wakatobi,” jelas Sutradara yang membuat alur cerita film profil desa wisata Sombano, Muis Bhojest (36), Kamis (26/8/2021).

Selain keindahan alam yang luar biasa, desa wisata Sombano juga memiliki komoditi lokal yang dibuat sedemikian rupa untuk diperdagangkan mulai dari hasil perkebunan serta hasil laut.


 

Pantai Taduno, Desa Sombano. Foto: Ist.

 

Setiap wisatawan yang berkunjung pun bisa belajar membuat kuliner tradisional seperti perangi, parende, dan soami. Keunikan budaya yang ditawarkan mulai dari silat tradisional dan tarian Lariangi.

 

Pertunjukan silat tradisional oleh masyarakat Desa Sombano. Foto: Ist.

 

Wisatawan juga bisa melakukan kegiatan kanoing menjelajahi Danau Sombano yang di dalamnya terdapat spesies udang merah serta bisa ikut berburu ikan di bawah laut menggunakan alat tangkap ikan tradisional yaitu dengan memanah.

Baca juga: Pesona Desa Wisata Sani-Sani Kolaka, Nominator 100 Besar ADWI 2021

Baca juga: Wabula Jadi Nominasi Desa Wisata 2021, Wujud Konsistensi Pemda Buton

“Alam, budaya, kuliner, edukasi, menyatu dalam pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan. Jangan ragu untuk ke Wakatobi karena desa wisata Sombano sempurna,” ujar Regita, voice ocer sekaligus pembuat narasi untuk video profil desa wisata Sombano.

“Harapan terbesar kami, desa wisata Sombano dapat menjadi desa wisata yang lebih makmur lagi dengan tetap mempertahankan nilai kearifan lokalnya, kemudian nilai pariwisatanya dapat disukai dan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di desa Sombano,” kata Tour Guide Desa Sombano, Rama (27).

Diberitakan sebelumnya, Desa Sombano di Wakatobi meraih penghargaan dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021 yang digelar DPP PDI Perjuangan.

Penyerahan penghargaan disiarkan melalui live streaming yang diikuti oleh 242 Desa Wisata Maju dan Desa Wisata Mandiri di Indonesia, Jumat (27/8/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong Pemda memajukan sektor pariwisata daerahnya utamanya mendorong pembangunan dan pengembangan desa wisata. (A)

Reporter: Nina Nurrahmah

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga