Pesona Puncak Popalia, Keindahan Pohon Cemara Gunung

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Minggu, 08 November 2020
0 dilihat
Pesona Puncak Popalia, Keindahan Pohon Cemara Gunung
Keindahan di puncak Popalia. Foto: Hamka/Telisik

" Puncak ini menampilkan nuansa yang menawan nan sejuk. Puncak satu ini lokasinya dibuka sebagai bagian kawasan wisata yang dikelola oleh Wana Wisata Puncak Popalia. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) merupakan salah satu pilihan dari banyaknya wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menyediakan keindahan dan keelokan alamnya.

Salah satu lokasi puncak yang layak dikunjungi saat berkunjung ke wilayah ini adalah Puncak Popalia.

Puncak ini menampilkan nuansa yang menawan nan sejuk. Puncak satu ini lokasinya dibuka sebagai bagian kawasan wisata yang dikelola oleh Wana Wisata Puncak Popalia.

 

 

Berlokasi di Desa Ranowila, Kecamatan Wolasi, Kabupaten Konsel. Puncak Popalia memiliki panorama yang menyejukkan pandangan.

Wisata ini didominasi oleh vegetasi cemara gunung yang memiliki batang berwarna cokelat kehitaman, terbilang cukup kokoh, dan memiliki aroma yang cukup wangi.

Untuk mencapai titik utama dari puncak tersebut, pengunjung harus melewati tiga pos utama atau titik peristirahatan.

Baca juga: Menikmati Surga Kecil Pulau Bokori, di Ujung Kota Kendari

Di pos pertama, pengunjung sudah disuguhkan pemandangan alam desa yang dapat dinikmati setelah menelusuri tanjakan yang cukup terjal dengan kemiringan sekira 120 derajat.

Olehnya itu, saat memulai tracking baiknya berhati-hati karena baru memulai perjalanan sudah harus melewati tanjakkan.

 

 

Kemudian, di pos ke dua dan tiga pengunjung disuguhkan dengan pepohonan cemara gunung di sepanjang perjalanan menuju titik utama, yang memberikan kesan keasrian alam yang masih terjaga.

Setelah dari pos tiga menuju puncak utama, pemandangan alam desa dan pegunungan Wolasi akan memanjakan mata dan membayar rasa lelah selama perjalanan.

Pukul 15.00 Wita merupakan waktu yang tepat untuk mulai tracking dari desa. Pasalnya, ketika sampai di puncak pengunjung Anda bisa menikmati indahnya sunset.

Suguhan landmark Kota Kendari di malam hari yang dipenuhi cahaya lampu pun dapat disaksikan dari puncak popalia. Apalagi, saat angin bertiup memberikan kesejukan sembari menikmati secangkir kopi hangat.

Baca juga: Permandian Gumanano, Destinasi Wisata yang Patut Anda Kunjungi

Menjelang terbitnya fajar menjadi momen yang paling ditunggu. Di waktu inilah, pengunjung dapat menyaksikan keindahan arunika yang memecah kegelapan malam. Ditambah lagi hamparan awan yang yang biasanya muncul disekitar puncak.

Di Puncak Popalia terdapat spot foto yang menarik bagi pengunjung yang hobi mengabadikan momen. Ada hutan cemara gunung dan puncak punggung kuda. Dua lokasi inilah yang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengabadikan dokumentasi foto ataupun video.

Bagi yang tertarik untuk merasakan sensasi wisata tracking di Puncak Popalia jaraknya dari Kota Kendari hanya sekitar 20 kilo meter dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit.

Kendaraan pengunjung dapat dititipkan di rumah warga sekitar. Dan disarankan ketika usai menikmati keindahan Puncak Popalia untuk tidak meninggalkan sampah plastik dan titik api. Hal itu untuk menjaga keindahan Puncak Popalia.

Meski terbilang baru, objek wisata Puncak Popalia di Konsel ini menawarkan panorama alam pegunungan dengan pepohonan cemara gunung yang masih asri, serta lukisan awan yang indah dan dapat menakjubkan mata. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga