Pesta Usai, Bupati Konawe Selatan Lantik 86 Kepala Desa Terpilih

Ashar Hamka, telisik indonesia
Rabu, 29 Juni 2022
0 dilihat
Pesta Usai, Bupati Konawe Selatan Lantik 86 Kepala Desa Terpilih
Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga melantik 86 kepala desa terpilih atas pemilihan kepala desa setentak. Kepada kepala desa yang dilantik ini agar tidak terlibat dalam praktis mengingat Pemilu 2024 tidak lama lagi. Foto: Ist

" Pesta demokrasi pemilihan kepala desa di Konawe Selatan telah berakhir. Sebanyak 86 kepala desa terpilih dilantik Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, Rabu (29/6/2022) "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Pesta demokrasi pemilihan kepala desa di Konawe Selatan telah berakhir. Sebanyak 86 kepala desa terpilih dilantik Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, Rabu (29/6/2022).

Dalam arahannya, bupati menegaskan kepara kepala desa yang baru dilantik, agar tidak terlibat langsung dalam politik praktis.

Penegasan tersebut disampaikan mengingat tahapan pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2024 sudah ditabuh.

“Kepala desa yang baru terpilih ini agar tidak ikut menjadi tim sukses calon nantinya. Kepala desa hanya memiliki  hak suara dan tidak dibenarkan untuk menjadi tim pemenangan. Kami malu jika ada kepala desa yang berurusan dengan Bawaslu saat tahun politik,“ ujarnya.

Untuk itu, bupati dua periode ini, menyarankan agar kepala desa mampu melahirkan sumber Pendapatan Asli Desa (PAD) dengan memanfaatkan segala potensi masing-masing desanya. Pelantikan ini digelar berdasar keputusan Bupati Konawe Selatan Nomor 141/167 Tahun 2022 tentang penetapan tahapan hari dan tanggal pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di Konawe Selatan tahun 2022.

86 kepala desa yang dilantik Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga, Rabu (29/6/2022)

 

Ditempat yang sama, Kepala BPMD Konawe Selatan, Annas Mas'ud menyebutkan 86 desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa seluruh yang terpilih telah dilantik. Di mana masa jabatan kepala desa enam tahun sejak tanggal pelantikannya. Dari ke 86 kepala desa tersebut, 11 orang berjenis kelamin wanita.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Perintahkan ULP Lelang Terbuka, Jangan Catut Namanya untuk Dapat Proyek

“Besar harapan kami agar kepala desa yang dilantik dapat merangkul rival dan masyarakat yang bukan pendukung pada pemilihan lalu," ujar Annas.

Mantan Kadis Kominfo ini melanjutkan, mengefektifkan pengelolaan dana desa dengan membuat kegiatan yang produktif, misal antara lain pengelolaan BUMDes dan penyediaan penyertaan modal. Membudidayakan tanaman berorientasi ekspor atau pemenuhan kebutuhan pabrik yang ada di Konawe Selatan. Misal, budidaya tanaman kelapa dalam, sawit, tanaman porang, ubi kayu, nilam.

Baca Juga: Warga Kota Baubau Keluhkan Jalan Rusak di Areal Pantai Kamali

“Para kepala desa terpilih juga dapat mendukung program nasional seperti penanganan stunting, penanganan COVID-19 serta mengefektifkan kegiatan ketahanan pangan," kata Annas.

Turut hadir, Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasyid, S.Sos., M.Si, ketua dan wakil ketua DPRD serta sejumlah anggota DPRD Konawe Selatan, Pj Sekda St Chadijah, Kadis Kominfo Hidayatullah, unsur Muspika dan sejumlah OPD yang tergabung dalam forkopimda. Plus dihadiri ratusan keluarga besar dari relawan tim kades terpilih. (B-Adv)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga