Petahana Ini Optimis Tingkatkan DBH Jika Kembali Lolos Anggota DPD RI

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Rabu, 10 Mei 2023
0 dilihat
Petahana Ini Optimis Tingkatkan DBH Jika Kembali Lolos Anggota DPD RI
Badikenita Boru Sitepu (baju hijau) ketika mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD RI perwakilan Sumatera Utara. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Badikenita Boru Sitepu resmi mendaftarkan dirinya sebagai calon anggota DPD RI perwakilan Sumatera Utara, periode 2024-2029 di kantor KPU setempat "

MEDAN, TELISIK.ID - Badikenita Boru Sitepu resmi mendaftarkan dirinya sebagai calon anggota DPD RI perwakilan Sumatera Utara, periode 2024-2029 di kantor KPU setempat.

Wanita itu adalah petahana anggota DPD RI periode 2019-2024. Dia ingin membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat.

"Untuk pencalonan periode saya sekarang ini, sebagai visi misi saya adalah melanjutkan kembali dan memperkuat koordinasi dan juga meningkatkan income perkapita di Sumatera Utara dan segera melaksanakan dana bagi hasil (DBH) dari hasil hasil pertanian dan perkebunan kita," kata Badikenita kepada awak media, Rabu (10/5/2023) siang.

Baca Juga: Daftar Calon Anggota DPD RI Pengusaha Rumah Makan Ini Bertekad Sejahterakan Petani

Terkait adanya isu penghapusan moratorium, untuk pembentukan/pemekaran wilayah/daerah provinsi dan kabupaten/kota, terkhusus pemekaran daerah otonomi Provinsi Tapanuli, Badikenita dalam hal ini mengatakan, hal itu tidaklah benar.

Pada saat ini hanya ada daerah otonomi baru di Provinsi Papua, ada 3 provinsi, selainnya itu masih di moratorium belum ada pemekaran atau kita sebut daerah otonomi baru. Di nasional sendiri, ada sekitar 50 provinsi yang mengantre dan 300 kabupaten/kota untuk dimekarkan.

"Saya di Komisi I kemarin sudah membuka, tapi pemerintah, masih merancang Undang-Undang," ungkapnya.

Selain itu, Badikenita akan meningkatkan DBH. Seperti Palm Oil (minyak sawit), pertanian, perkebunan dan rokok. Satu lagi, hulu dan hilirisasi terhadap hasil-hasil pertanian dan perkebunan kita.

"Bolehlah kita kedepannya, sudah mempunyai pabrik kosmetik dari minyak sawit yang ada, lalu bagaimana dana bagi hasil dari tembakau, dari yang dibangun kembali karena ke depan dengan dana desa," tambahnya.

Selanjutnya, Badikenita juga membicarakan dengan proyek strategi nasional yang ada di Sumatera Utara. Dia akan mendukung pemerintah dan memperbanyak di daerah ini.

Baca Juga: Politisi Senior PPP Rasyid Syawal Ngaku Tak Tahu-menahu Polemik Internal Partai

"Saya ingin melanjutkan kembali, supaya ke depan koordinasi antar kabupaten dan kota di dalam hubungan provinsi dan pusat itu bisa semakin baik. Mudah-mudahan Sumatera Utara bisa meningkatkan kompetitif plusnya, daya saing daerah," bebernya.

Terpisah, Ketua KPU Sumatera Utara, Herdensi membenarkan sudah menerima berkas pendaftaran Badikenita.

"Syarat pencalonan dan syarat calon sudah ada dan lengkap. Ada ijazah, SKCK dan yang lainnya. Semua sudah lengkap, nantinya akan diverifikasi seluruh berkas itu sejak 15 Mei sampai 23 Juni 2023 mendatang," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga