Petani Koltim Sukses Ekspor 200 Ton Jagung ke Surabaya

Muh. Sabil, telisik indonesia
Kamis, 30 September 2021
0 dilihat
Petani Koltim Sukses Ekspor 200 Ton Jagung ke Surabaya
Jagung hasil panen petani Koltim siap dikirim ke Surabaya. Foto: Muh Sabil/Telisik

" Iqbal Tongasa mengungkapkan, dalam memposisikan pertanian sebagai sektor andalan dan penggerak utama pembangunan, tentu saja diperlukan teknologi yang tepat guna "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID — Petani jagung di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) berhasil menarik minat pengusaha di Kota Surabaya untuk membeli produksi mereka.

Untuk pertama kali, petani Koltim mengirim 200 ton jenis jagung pipil. Pengiriman perdana ini disaksikan oleh Plh Bupati Koltim, Muh Iqbal Tongasa.

Iqbal Tongasa mengungkapkan, dalam memposisikan pertanian sebagai sektor andalan dan penggerak utama pembangunan, tentu saja diperlukan teknologi yang tepat guna.

Pemda dan para petani jagung Koltim terus melakukan inovasi teknologi pertanian untuk memacu peningkatan produktifitas dan kualitas produk pertanian.

Kolaka Timur memiliki banyak keberagaman dan potensi kekayaan sumber daya hayati yang melimpah, yang dapat dimanfaatkan untuk membangun cadangan pangan pemerintah dan masyarakat.

“Salah satu cadangan pangan potensial tersebut adalah jagung. Jagung merupakan salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat terpenting di dunia selain beras dan gandum," jelas Iqbal Tongasa, Rabu (29/9/2021).

"Pada masa kini jagung sudah menjadi komponen penting dalam pembuatan pakan ternak, sumber minyak pangan dan bahan dasar pembuatan tepung,” sambungnya.

Baca Juga: Cokelat dan Cengkeh, Komoditas Andalan Kolaka

Baca Juga: 60 Ton Jagung Dipanen, Harga Jual Rp 5 Ribu per Kg

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Koltim, Lasky Paemba menjelaskan bahwa pada tahun 2020 Koltim memiliki target tanam untuk komoditas jagung seluas 14.000 Ha yang tersebar di 12 kecamatan, dengan realisasi sebesar 11.358 Ha.

Sektor pertanian merupakan satu di antara sektor unggulan dalam proses penyelenggaraan pembangunan daerah serta terus dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Koltim sekaligus pengembangan perekonomian daerah.

“Saya sangat mengapresiasi adanya pengiriman perdana jagung pipil produksi pertanian Kabupaten Kolaka Timur sebanyak kurang lebih 200 ton dengan tujuan PT Charoen Pokpand Indonesia Tbk Surabaya," ungkap Lasky Paemba.

Lasky mengimbau kepada petani agar senantiasa meningkatkan produksi jagung melalui penerapan teknologi tepat guna melalui bimbingan para penyuluh dan instansi terkait. (B)

Reporter: Muh Sabil

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga