Peternak Konawe Keciprat Bantuan 120 Ekor Sapi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 30 Oktober 2022
0 dilihat
Peternak Konawe Keciprat Bantuan 120 Ekor Sapi
Penyaluran bantuan ternak sapi kepada kelompok tani di Kabupaten Konawe. Foto: Ist

" Pemerintah Kabupaten Konawe dalam programnya menjadi salah satu daerah swasembada daging, kembali menyalurkan bantuan ternak sapi kepada kelompok peternak di Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Konawe dalam programnya menjadi salah satu daerah swasembada daging, kembali menyalurkan bantuan ternak sapi kepada kelompok peternak di Konawe.

Bantuan tersebut bekerja sama dengan anggota DPR RI Dapil Sultra, Fachry Pahlevi Konggoasa, dan telah rampung disalurkan.

Bantuan yang diberikan merupakan aspirasi dari Fachry Konggoasa yang disalurkan melalui Kementerian Pertanian RI. Setidaknya, ada enam kelompok tani yang mendapatkan bantuan tersebut.

Keenam kelompok itu yakni Kelompok Samaendre dari Desa Watarema, Tanjung Sari dari Olo'onua, Karya Bersama dan Sumber Tani dari Sanuanggamo, Mandiri dari Wonua Morome dan Kelompok Wuambe dari Desa Wonuambae.

Fachry mengungkapkan, masing-masing kelompok mendapatkan 20 ekor ternak sapi. Sehingga total yang disalurkan, yakni sebanyak 120 ekor.

Baca Juga: Cegah Krisis Pangan, Masyarakat Buton Tengah Kebagian 20 Ribu Bibit Sayuran

"Bantuan ini kita berikan untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Konawe yang tengah mencanangkan swasembada pangan, khususnya daging sapi. Selain itu juga kami harapkan bisa memperbaiki ekonomi kelompok penerima bantuan," jelasnya.

Fachry juga berharap bantuan tersebut bisa dikelola dengan baik, sehingga beberapa tahun dari sekarang ternak-ternak tersebut bisa berkembang biak. Ia menyarankan agar tidak ragu menghubungi pihak pemerintah kabupaten jika ada ternak yang sakit.

"Kalau ada kendala, jangan ragu hubungi pemerintah. Apa lagi kalau nanti ternak sudah ada yang birahi, bisa diikutkan program inseminasi buatan sehingga cepat berkembang biak," terangnya.

Untuk diketahui, pria yang akrab disapa FPK ini merupakan anggota DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara. Saat ini ia duduk di Komisi IV yang membidangi pertanian, peternakan, perikanan dan hal terkait lainnya. Selama menjabat, Fachry banyak menyerap aspirasi dan menyalurkan bantuan ke beberapa daerah di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: IKA SMANDARA Komitmen Mengabdi pada Masyarakat

Bantuan ternak sapi yang diberikan Fachry merupakan implementasi guna mendukung program swasembada daging di Konawe yang dicanangkan pemerintahan Kery Saiful Konggoasa (KSK). Pada beberapa kesempatan, KSK kerap menyuarakan jika Konawe adalah lumbung pangan Sulawesi Tenggara, khususnya untuk produksi beras dan daging.

Di tempat yang berbeda, salah satu kelompok tani dari Desa Watarema mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan Fachry Pahlevi Konggoasa yang memberikan bantuan berupa sapi.

"Semoga bantuan ini dapat kami manfaatkan sebaik mungkin untuk mendukung program pemerintah," kata Adi, salah satu anggota kelompok tani penerima bantuan. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga