Petugas Kebersihan di Kendari Bakal Dapat Rumah Permanen

Sumarlin, telisik indonesia
Selasa, 23 Mei 2023
0 dilihat
Petugas Kebersihan di Kendari Bakal Dapat Rumah Permanen
Pj. Wali Kota Kendari (tengah) bersama Kepala Dinas Sosial (kedua dari kanan) meninjau pembangunan rumah layak huni bagi petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Sebanyak 26 petugas kebersihan yang bekerja di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Puuwatu, akan mendapatkan bantuan rumah permanen "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 26 petugas kebersihan yang bekerja di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Puuwatu, akan mendapatkan rumah permanen. Mereka yang mendapatkan bantuan tersebut merupakan korban kebakaran yang menimpa kompleks perumahan mereka beberapa waktu lalu.

Rumah permanen type 36 itu merupakan bantuan dari Kementerian Sosial RI sebanyak 26 unit.

Melihat progres pembangunan rumah itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu bersama Kepala Dinas Sosial Kota Kendari Abd. Rauf, Selasa (23/05/2023), meninjau pembangunan rumah tersebut di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Puuwatu.

"Alhamdulillah tadi progresnya kita lihat bersama sudah di atas 70 persen dan tinggal finishing saja. InsyaAllah dalam satu dua bulan ke depan sudah bisa ditempati oleh warga yang kerja di TPA Puuwatu Kendari," jelas Pj Wali Kota Kendari Asma Tosepu usai kunjungannya.

Baca Juga: Petugas Kebersihan Keluhkan Masyarakat Masih Buang Sampah Sembarangan

Menurutnya, Pemerintah Kota Kendari akan mengusulkan kembali penambahan unit rumah di Kementerian Sosial, karena hampir seluruh rumah di kompleks itu masih berupa bangunan semi permanen.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kota Kendari Abdul Rauf. Kata dia, 26 unit rumah seluruhnya sudah terbangun, tinggal penyelesaian akhir (finishing) berupa pemasangan pintu dan jendela.

Baca Juga: Dinas Sosial Pastikan 103 Ribu Data Penerima Bansos dan PKH Aman

"Finishing paling tinggal pengecatan,  pemasangan air bersih, pemasangan listriknya, inikan program nasional bantuan untuk orang miskin jadi PLN juga sudah merespons, dalam waktu dekat ini akan dipasang meteran," ungkapnya.

Rumah layak huni tersebut diperuntukkan bagi para pekerja di TPA Puuwatu dan berdasarkan data Dinas Sosial memang layak untuk menerima bantuan dari pemerintah.

Selain perlindungan sosial, Dinas sosial juga hadir untuk memberikan perlindungan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga