Piala AFF U-19: Timnas Indonesia ke Final Usai Pecundangi Malaysia

Merdiyanto , telisik indonesia
Minggu, 28 Juli 2024
0 dilihat
Piala AFF U-19: Timnas Indonesia ke Final Usai Pecundangi Malaysia
Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Timnas Malaysia U-19 dan lolos ke babak final Piala AFF U-19 2024. Foto: Repro Antara

" Timnas Indonesia U-19 berhasil melaju ke babak final setelah mengalahkan Timnas Malaysia U-19 1-0 dalam semifinal Piala AFF U-19 2024 "

SURABAYA, TELISIK.ID - Timnas Indonesia U-19 berhasil melaju ke babak final setelah mengalahkan Timnas Malaysia U-19 1-0 dalam semifinal Piala AFF U-19 2024.

Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Malaysia U-19 berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (27/7/2024) malam WIB.

Dilansir dari Suara.com - jaringan Telisik.id, Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan 1-0 melalui gol tunggal yang dilesatkan oleh Muhammad Alfharezzi Buffon pada menit ke-77.

Sukses mengalahkan Malaysia U-19, Timnas Indonesia U-19 lolos ke babak final Piala AFF U-19 2024 dan akan berhadapan dengan Thailand pada 29 Juli 2024.

Jalannya Pertandingan

Pada babak pertama, pertandingan berlangsung  sengit. Kedua tim sama-sama memainkan skema permainan yang terbuka dan menyerang.

Arkhan Kaka hampir mencetak gol. Memanfaatkan lemparan ke dalam Mufli Hidayat pada menit ke-2, sayang sundulannya masih melebar dari gawang Malaysia.

Selang beberapa menit, giliran Malaysia mengancam pertahanan Timnas Indonesia. Tendangan dari luar kotak penalti pemain Malaysia hampir membobol gawang Ikram Algiffari.

Baca Juga: Piala AFF U-19: Bungkam Timor Leste 6-2, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal

Di menit ke-10, Figo Dennis melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang tendangan ini belum bisa merobek gawang Timnas Malaysia.

Malaysia membalas beberapa kali dengan membangun skema serangan dari sisi sayap. Pergerakan dari Pavithran Gunalan beberapa kali mengancam gawang Indonesia.

Malaysia terus melakukan serangan yang membuat lini tengah Indonesia tidak bisa menguasai bola dengan baik. Kondisi ini dimanfaatkan pemain Malaysia dan mampu bermain taktis di lini tengah.

Di menit ke-32, permainan tiki taka Timnas Indonesia berhasil mengobrak abrik pertahanan Malaysia, sayangnya hanya menciptakan sepak pojok untuk Indonesia.

Sampai wasit membunyikan peluit akhir babak pertama tidak ada gol yang tercipta. Babak pertama Timnas Indonesia U-19 vs Malaysia berakhir 0-0.

Memasuki babak kedua pelatih Indra Sjafri mengganti Arkhan Kaka dan Figo Dennis serta memasukkan Riski Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan. Hasilnya sangat positif, Indonesia kembali menguasai permainan seperti dilansir dari Cnnindonesi.com.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, tendangan on target pertama diciptakan Indonesia melalui sontekan Afrisal setelah menerima umpan Jens Raven. Tapi, bola berhasil dihalau kiper Malaysia.

Tidak henti-hentinya pertahanan Malaysia mendapat tekanan Indonesia di babak kedua. Dony Tri Pamungkas berhasil menciptakan peluang pada menit ke-64 namun berhasil diblok pemain Malaysia di depan gawang.

Kemudian Welber Jardim menyia-nyiakan dua peluang emas pada menit ke-69 dan 75 setelah tendangannya melewati mistar gawang.

Timnas Indonesia U-19 akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-78. Melalui Alfharezzi Buffon yang memanfaatkan situasi sepak pojok dan berhasil melepaskan tendangan keras.

Bola sempat mengenai satu pemain Malaysia dan membentur tiang gawang. Namun bola kemudian membentur kiper Muhammad Haziq dan masuk ke gawang. 1-0 untuk Indonesia.

Malaysia berusaha keras untuk membalas di sisa laga. Beberapa kali gawang Indonesia terancam. Tapi, Garuda muda berhasil mempertahankan keunggulan. Hingga peluit panjang, skor 1-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-19 tak berubah.

Baca Juga: Piala AFF U-19: Jadwal Siaran Langsung, Head to Head, Prediksi Skor Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Di babak final Piala AFF U-19 2024, Senin (29/7/2024), Indonesia akan melawan Thailand yang mengalahkan Australia 1-0.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Malaysia U-19

Timnas U-19 (3-5-2) : Ikram Algiffari; Muhammad Mufli Hidayat, Kadek Arel Priyatna, Muhammad Alfharezzi Buffon, Muhammad Iqbal Gwijangge, Dony Tri Pamungkas; Figo Dennis, Muhammad Kafiatur, Welber Jardim; Arkhan Kaka, Jens Raven

Pelatih: Indra Sjafri.

Malaysia (4-2-4): Muhammad Haziq; Muhamad Ridzwan, Muhammad Shafizan, Muhammad Zachary, Ariff Safwan; Danish Hakimi, Muhammad Khalil, Izzat Muhammad, Muhammad Haykal; Pavithran Gunalan, Muhammad Naim

Pelatih: Juan Torres Garido. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga