Pilkada Jadi Kekuatan Luar Biasa Melawan COVID-19

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 13 Oktober 2020
0 dilihat
Pilkada Jadi Kekuatan Luar Biasa Melawan COVID-19
Simulasi pemungutan suara dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19. Foto: Repro Antara

" Ini adalah kekuatan yang luar biasa. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dinilai dapat menjadi instrumen utama atau kekuatan luar biasa melawan COVID-19.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik menuturkan, hal itu dapat terjadi asalkan masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya menaati protokol kesehatan COVID-19.

Menurut dia, Pilkada dapat menjadi instrumen yang menggerakkan elemen-elemen di tingkat pusat hingga daerah, bahkan organisasi masyarakat dalam memerangi COVID-19.

Akmal menjelaskan, ada kurang lebih 730 pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada 2020. Pasangan calon dan tim sukses harus terus menyosialisasikan protokol kesehatan sehingga penyebaran COVID-19 bisa dicegah, terutama saat Pilkada.

Baca juga: Lepas Zona Merah, Jatim Jadi Percontohan Nasional Penanganan COVID-19

"Ini adalah kekuatan yang luar biasa," ungkapnya, Selasa (13/10/2020). Dilansir Medcom.id.

Akmal menambahkan, sinergi antara pasangan calon dan masyarakat dalam memerangi COVID-19 sudah mulai terlihat di sejumlah daerah. Ada pasangan calon yang menggelar kampanye secara virtual hingga kampanye dengan membagikan masker serta hand sanitizer.

Upaya itu dinilai telah membuahkan hasil yang maksimal. Sebanyak 14 provinsi yang menggelar Pilkada sudah terbebas dari zona merah penyebaran COVID-19.

"Kami optimistis (suksesnya Pilkada) karena angka-angkanya justru menunjukkan terjadinya hal-hal yang cukup baik di wilayah yang melaksanakan Pilkada," tutupnya. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga