adplus-dvertising

Pilkada Kendari 2022 Bakal Menelan Anggaran Rp 52 Miliar

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 26 Januari 2021
954 dilihat
Pilkada Kendari 2022 Bakal Menelan Anggaran Rp 52 Miliar
Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Tahun 2017 lalu itu jumlahnya sebesar Rp 19,3 miliar. "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menyiapkan Rp 52 miliar untuk anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari pada 2022 mendatang.

Hal tersebut oleh disampaikan Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh. Menurutnya, meski finalisasi pelaksaan Pilkada Kota Kendari tahun 2022 belum final, namun pihaknya telah menyusun berbagai persiapan, termasuk di antaranya adalah rencana kerja dan anggaran pesta Pilkada.

“KPU Kota Kendari secara internal sudah siap, salah satunya dengan menyusun rencana kerja dan kebutuhan anggaran,” katanya, Selasa (26/1/2021).


Menurut Jumwal Saleh, jika dibandingkan Pilkada Kota Kendari tahun 2017 lalu, maka proyeksi anggaran Pilkada Kota Kendari tahun ini nyaris tiga kali lipat nilainya.

“Tahun 2017 lalu itu jumlahnya sebesar Rp 19,3 miliar,” jelas Jumwal Saleh.

Baca juga: Gerindra Tegaskan Tidak Akan Mengusung Kader di Pilwali Kendari

Lebih lanjut, Jumwa Saleh menjelaskan, yang membuat anggaran pilkada begitu besar kali ini di karenakan KPU Kota Kendari memasukkan item keperluan penyediaan sarana dan pra sarana protokol kesehatan (Prokes) COVID-19.

Hal tersebut sebagaimana ketentuan penyelanggaraan Pilkada di masa pandemi COVID-19. Disamping itu, ada peningkatan honorarium panitia adhock di semua jenjang.

“Ini yang tak kalah besarnya adalah honor Adhoc yang sebelumnya hanya Rp 1 juta, kini naik hingga Rp 2 jutaan, kemudian Kebutuhan APD juga,” pungkasnya.

Hanya saja, anggaran tersebut menurut Ketua KPU Kota Kendari, jika anggaran itu masih bisa berubah kalau kebutuhan APD atau Prokes COVID-19 bukan menjadi tanggungjawab KPU, diambil alih oleh Pemerintah Kota.

Untuk diketahui, KPU Kota Kendari memilik 208.846 jiwa Daftar Pilih Tetap (DPT), jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena belum ada tahap finalisasi DPT Pilwali Kota Kendari. (B)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga