Pilkades, Polres dan Kodim 1416 Muna Pantau Khusus Tiga Desa

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 16 November 2022
0 dilihat
Pilkades, Polres dan Kodim 1416 Muna Pantau Khusus Tiga Desa
Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin memimpin apel gabungan bersama TNI dalam rangka pengamanan pilkades serentak. Foto: Sunaryo/Telisik

" Aparat Kepolisian Resort (Polres) dan Kodim 1416 Muna mulai mempersiapkan pengamanan pilkades serentak 20 November mendatang "

MUNA, TELISIK.ID - Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 124 desa di Kabupaten Muna tinggal menghitung hari lagi atau tepatnya tanggal 20 November mendatang.

Aparat Kepolisian Resort (Polres) dan Kodim 1416 Muna mulai mempersiapkan pengamanan.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin menerangkan, saat ini kondisi kamtibmas kondusif. Namun, ada tiga desa yang menilai ada kecurangan dalam tahapan kegiatan pilkades. Tiga Desa itu adalah Bangunsari, Kecamatan Lasalepa, Lagasa, Kecamatan Duruka dan Mataindaha, Kecamatan Pasikolaga.

"Kami bersama Kodim akan memantau setiap perkembangan di tiga desa itu, sehingga pilkades dapat berjalan  lancar, aman dan terkendali," kata Mulkaifin, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Tingkatkan Produksi Pertanian, Kadin Konawe Perbaiki Jalan Usaha Tani

Sinergitas antara TNI/Polri sangat dibutuhkan dalam pengamanan pilkdes. Karenanya, diingatkan pada seluruh TNI/Polri menjadi atensi bahwa kegiatan pilkades sebagai ajang mengukur kesiapan dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

"Kita harus melaksanakan tugas dengan baik, sehingga daerah selalu dalam keadaan aman, kondusif dan terkendali," pesannya.

Baca Juga: Kolaka Timur Genjot UMKM untuk Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Sementara itu, Dandim 1416 Muna, Letkol Inf Gilles R. B. Hogen Dorp menekankan pada seluruh personil TNI/Polri agar terus menjaga sinergitas dalam pelaksanaan pilkades. Ia tidak mau dengar ada anggota TNI maupun Polri yang terlibat dalam kegiatan politik praktis. Karena bila ada yang ketahuan, akan diberikan sanksi.

"Kita harus komitmen menjaga netralitas, sehingga pilkades bisa berjalan aman," kata Gilles. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga