Pilkades Serentak Kian Dekat, Polres Kolaka Utara Apel Gelar Pasukan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 26 April 2023
0 dilihat
Pilkades Serentak Kian Dekat, Polres Kolaka Utara Apel Gelar Pasukan
Apel gelar pasukan untuk mewujudkan pilkades serentak tertib dan damai di Kabupaten Kolaka Utara. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Pemungutan suara pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2023 di Kabupaten Kolaka Utara semakin dekat. Sesuai tahapan, agenda demokrasi enam tahunan itu bakal digelar pemungutan pada hari Minggu, 30 April 2023 nanti "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemungutan suara pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2023 di Kabupaten Kolaka Utara semakin dekat. Sesuai tahapan, agenda demokrasi enam tahunan itu bakal digelar pemungutan pada hari Minggu, 30 April 2023 nanti.

Untuk memastikan pilkades berlangsung tertib, damai, dan mencegah hal-hal yang dapat mencederai proses demokrasi di tingkat desa.

Polres Kolaka Utara menggelar kegiatan apel gelar pasukan sekaligus deklarasi pilkades damai di Kolaka Utara.

Baca Juga: Pemkab Kolaka Utara Siapkan Sanksi Bagi ASN Tambah Libur

Giat yang berlangsung di lapangan aspirasi Lasusua itu dipimpin langsung Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Parinringi didampingi Sekretaris Daerah Kolaka Utara, Kapolres Kolaka Utara, Ketua DPRD Kolaka Utara Perwira Penghubung 1412 dan Forkopimda serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Parinringi menghimbau para calon kepala desa (cakades) untuk menjadi pilar pemersatu masyarakat dan mengajak simpatisan menciptakan lingkungan yang kondusif dalam bingkai kekeluargaan.

Calon kepala desa yang baik dan ideal mereka yang lebih mengutamakan kehidupan yang baik dan damai bagi masyarakatnya dari pada kepentingan pribadi atau sekelompok orang dengan mengorbangkan masyarakat yang lebih luas.

"Kunci kesuksesan pesta rakyat ini berada ditangan saudara-saudara sekalian," terangnya, Rabu (26/4/2023).

Kata dia, pilkades dapat dijadikan sarana pendidikan politik bagi masyarakat sehingga masyarakat dapat memahami dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam suatu sistem politik ideal yang hendak dibangun.

"Karena itu hendaknya masyarakat desa menjadikan proses demokrasi ini sebagai media menunjukkan kepada khalayak, jika masyarakat desa mampu mandiri menjalankan hak konstitusinya dalam lingkup otomoni desa yang berhak menyelenggarakan pemerintahannya sendiri berdasarkan hak asal-usul dan prakarsa masyarakat setempat," ujarnya.

Kadis DPMPTSP Sulawesi Tenggara ini berpesan agar TNI, Polri dan sipil memperkuat soliditas dan sinergisitas guna mewujudkan pilkades yang aman, lancar dan damai.

"Jaga netralitas TNI, Polri dan sipil serta hindari tindakan yang dapat mencederai netralitas dalam pelaksanaan kegiatan pilkades," imbuhnya.

Selanjutnya, medepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahuI dinamika yang berkembang untuk selanjutnya dilaksanakan upaya pencegahan dan penanganan secara dini.

"Gelorakan deklarasi pilkades damai dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan pilkades. Serta menyusun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan," pungkasnya.

Terpisah, Ketua Panitia Pilkades serentak tingkat kabupaten, Muchlis Bahtiar menuturkan, pilkades kali ini diikuti 67 desa dari 127 desa yang ada di Kabupaten Kolaka Utara. Ia meminta kepada seluruh masyarakat menaati dan menjalankan proses pilkades secara baik, jujur, dan adil.

Baca Juga: Pantai Berova Kolaka Utara Masih Favorit Wisatawan Lokal di Libur Hari Raya

"Pilkades ini hanya sebuah proses mari menjalankan proses ini dengan baik jujur dan adil. Kita berharap siapapun yang terpilih nantinya maka itulah yang terbaik," pintanya.

Asisten I Sekda Kolaka Utara ini berharap, pilkades di Kabupaten Kolaka Utara yang akan digelar serentak 30 April 2023 nanti dapat berjalan lancar, tertib, aman, dan damai.

"Insya Allah dengan kompetensi yang baik kita berharap nantinya bisa muncul pemimpin yang terbaik pula," tukasnya. (B)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga