adplus-dvertising

Pilkades Serentak Konawe Menjadi Daya Tarik Caleg Pemilu 2024

Aris Syam, telisik indonesia
Sabtu, 20 Agustus 2022
260 dilihat
Pilkades Serentak Konawe Menjadi Daya Tarik Caleg Pemilu 2024
Kadis PMD Konawe, Keny Yuga Permana menyebut wajah-wajah caleg yang mencalonkan pada Pemilu 2024 dapat diketahui di pilkades tahun ini. Foto: Aris Syam/Telisik

" Pilkades tahun ini tensinya akan lebih tinggi dari pada pilkades tahun 2019 yang lalu "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe memproyeksikan antusias warga dalam pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak di Konawe akan terbilang cukup tinggi.

Kepala Dinas (Kadis) PMD Konawe Keny Yuga Permana mengatakan, dalam pilkades tahun ini tensinya akan lebih tinggi dari pada pilkades tahun 2019 yang lalu.

Pasalnya, wajah-wajah pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) ada di pilkades yang akan diselenggarakan tahun ini, karena mereka yang akan maju menjadi calon anggota legislatif (caleg) sudah mulai mengintervensi pelaksanaan pilkades tersebut.


"Karena mereka harus menyimpan orangnya masing-masing di wilayah itu," jelas Keny, Sabtu (20/8/2022).

Sehingga demikian, Keny sangat berharap agar panitia dalam pilkades ini memperhatikan tugasnya dan bekerja secara profesional adil dan jujur serta tidak ada gerakan tambahan.

Baca Juga: 5.535 Jenis Layanan Telah Terbit Selama Pelaksanaan Uji Coba MPP Konawe

"Jangan ada panitia pilkades yang mengkampanyekan salah satu calon, saya harap itu tidak perlu dilakukan," imbuhnya.

Terlebih lagi, saat hari pemilihan, ada panitia pilkades berkesempatan untuk memenangkan salah satu calon pada saat mengantarkan surat undangan kepada warga wajib pilih atau menjadi tim sukses.

Baca Juga: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Petani Konawe Selatan Tanam Padi Malam Hari

"Biasanya kita kenal serangan sore hari bukan serangan pajar, sudah lagu lama itu, ini sudah 2022 hilangkan hal semacam itu," tegasnya.

Demi terlaksananya pilkades secara serentak di Konawe itu, Keny juga menyampaikan agar para panitia pilkades di dalam bertugas selalu berpedoman pada Peraturan Bupati (Perbup) 43 tahun 2022. Apalagi mereka ini terpilih mewakili masyarakat setempat.

"Sehingga sukses dan tidaknya pilkades ini semua tergantung dari kinerja panitia pilkades, untuk itu kerja profesional dan tidak merugikan siapapun pun baik itu calon maupun pemilik suara," pungkasnya. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga